JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol 10, No 1 (2022): June 2022

Analisis Kebutuhan Bahan Ajar E-modul berbasis Pendekatan STEM dengan Scaffolding untuk Mendukung Pembelajaran Hybrid Learning di SMA

Bella Chantika Putri (Universitas Jambi)
Menza Hendri (Universitas Jambi)
Dian Pertiwi Rasmi (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru terhadap salah satu pengembangan media pembelajaran berupa e-modul yang berbasis pendekatan STEM dengan scaffolding yang berbantuan sehingga siswa dapat belajar secara mandiri dengan pembelajaran yang dilakukan hybrid learning saat ini. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui pertanyaan wawancara yang diajukan kepada guru. Dari hasil wawancara yang dilakukan didapatkan hasil bahwa belum tersedianya bentuk bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa pada pembelajaran hybrid learning. Perlu adanya pengembangan bahan ajar berupa e-modul. E-modul yang dikembangkan berbasis pendekatan STEM.Selain itu terdapat pula bantuan scaffolding yang dapat memudahkan peserta didik ketika belajar mandiri baik di rumah maupun di sekolah, karena pembelajaran saat ini dilaksanakan secara hybrid learning . Sehingga peneliti akan melakukan pengembangan E-modul berbasis pendekatan STEM dengan Scaffolding untuk mendukung pembelajaran hybrid learning .Kata Kunci: Analisis Kebutuhan, Hybrid Learning, E-Modul, STEM, Scaffolding

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...