Jurnal Citra Pendidikan
Vol 2 No 3 (2022)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESETA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISME ALBERT BANDURA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI MENGENAL MALAIKAT ALLAH KELAS V DI SDN 3 LIMBOTO BARAT

Friska Mokoagow (Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2022

Abstract

Abstrak: Meningkatkan Hasil Belajar Peseta Didik Melalui Pembelajaran Teori Belajar Behaviorisme Albert Bandura Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Materi Mengenal Malaikat Allah Kelas V Di SDN 3 Limboto Barat. Skripsi. Gorontalo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. IAIN Sultan Amai Gorontalo. Latar Belakang dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran teori belajar Behaviorisme. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui penerapan teori belajar behaviorisme Albert Bandura di kelas V SDN 3 Limboto Barat. 2) Untuk mengetahui apakah penerapan teori belajar behaviorisme Albert Bandura pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas V di SDN 3 Limboto Barat. Metodologi penelitian dalam skripsi ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan desain PTK model Kemmis dan McTaggart serta teori belajar behaviorisme. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Limboto Barat yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumntasi, tes dan observasi. Penelitian berlangsung 2 Siklus. Data diperoleh melalui lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan kegiatan siswa, tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dengan beberapa siklus, pembelajaran dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart serta Teori Belajar Behaviorisme, terdapat peningkatan hasil belajar. Hal ini dibuktikan hasil belajar peserta didik pada saat sebelum pelaksanaan siklus ketuntasan siswa dengan nilai rata-rata 47,31 dan siklus I hasil belajar peserta didik meningkat dengan rata-rata 78,67, sedangkan di siklus II hasil belajar peserta didik meningkat dengan rata-rata 87,67.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcp

Publisher

Subject

Arts Chemistry Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal Citra Pendidikan (JCP) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. Jurnal Citra Pendidikan (JCP) didekasikan untuk karya tulis berupa kajian pustaka, hasil penelitian, dan kajian meta-analisis dalam bidang pendidikan dan ilmu ...