Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini
Vol 9, No 2 (2022)

PENGARUH MEDIA LOOSE PART TERHADAP KEMAMPUAN PRA MENULIS ANAK PADA KELOMPOK B

Rizqy Aisyah Leonia (Program Studi PIAUD UIN Raden Fatah Palembang)
Tutut Handayani (UIN Raden Fatah Palembang)
Yecha Febrieanitha Putri (UIN Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media loose part berpengaruh terhadap kemampuan menulis anak kelompok B di Tebing Tinggi. Subjek penelitian ini adalah 20 anak yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui metode eksperimen, dan menggunakan desain eksperimen semu dan desain kelompok kontrol pre-test dan post-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data dalam bentuk statistik non parametrik uji tingkat Kolmogrov Smirnov dengan data hasil penelitian pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan menulis anak kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 42,5 dan 40,7, sedangkan nilai post-test anak kelas eksperimen dan kelas kontrol rata-rata 82 dan 72,3. nilai adalah 0,000, dan kurang dari 0,05 menunjukkan efek.

Copyrights © 2022