Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 8 No. 3 (2022): Pendidikan dan Studi Islam

Desain Lingkungan Belajar Berkonten Pola Asuh Pada Lembaga Pendidikan Islam

Abdul Jalil (Universitas Islam Malang)
Muhammad Fahmi Hidayatullah (Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2022

Abstract

Lembaga pendidikan Islam pada hakikatnya mengemban misi untuk membentuk generasi yang sempurna dengan kecerdasan intelektual, akhlak mulia (perilaku), dan hati yang bahagia selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Upaya mewujudkan misi tersebut memerlukan lingkungan yang mendukung pembelajaran dengan muatan parenting dengan menyesuaikan kebutuhan lembaga pendidikan dalam pembelajarannya. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah analisis kualitatif-literatur. Peneliti menggali data berdasarkan literatur yang ada dan melakukan analisis mendalam untuk mendapatkan makna tersirat dari literatur terkait inovasi lingkungan pembelajaran pendidikan agama Islam. Hasil penelitian menemukan bahwa desain lingkungan belajar dengan muatan parenting di lembaga pendidikan terdiri dari: pola asuh permisif-humanistik, pola asuh otoriter-perilaku, pola asuh demokratis-konstruktivis, dan pola asuh kognitivistik yang tidak terlibat. Keempat pola asuh tersebut dapat diterapkan pada pesantren, madrasah/sekolah, pendidikan keluarga, dan majelis ta'lim.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...