Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Biotik)
Vol 10, No 2 (2022): PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOTIK X 2022

ROSES PEMBELAJARAN MELALUI KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Fakhri Yacob (UIN AR-Raniry Banda Aceh)
Rizkiana Miftah (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh)
Eriawati Eriawati (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas belajar siswa materi “Dampak Pencemaran bagi Kehidupan” melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture. Desain penelitian ini adalah true experimental. Siswa kelas VII5 sebagai kelas eksperimen (perlakuan) dan siswa kelas VII4 sebagai kelas kontrol (tanpa perlakuan). Data dikumpulkan melalui paper-pencil test: berupa soal pre-test dan post-test dan Lembar Observasi untuk Aktivitas Belajar Siswa. Teknik analisis data menggunakan rumus uji-t dan persentase. Hasil penelitian melaporkan skor rata-rata nilai siswa kelas eksperimen ( =76.09) lebih tinggi dari kelas kontrol ( =58.57). Hasil analisis pengujian hipotesis, dengan statistik uji t pada taraf signifikan 0,05 melaporkan bahwa indeks thitung > ttabel (3,55 > 2,02). Selanjutnya, aktivitas belajar siswa kelas eksperimen termasuk ke dalam kategori “sangat aktif” ( 88,73%). Singkatnya, peningkatan perolehan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa meteri Dampak Pencemaran bagi Kehidupan dapat ditempuh guru IPA kelas VII melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Kata kunci: Proses Pembelajaran, Kooperatif Tipe Picture and Picture, Hasil Belajar, dan  Aktivitas Belajar Siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PBiotik

Publisher

Subject

Dentistry Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan is an open access and peer reviewed journal. It publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, ...