Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Biotik)
Vol 10, No 2 (2022): PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOTIK X 2022

THE STUDENTS’ SELF-PERCEPTION ANALYSIS TOWARD THE IMPLEMENTATION OF ONLINE INSTRUCTIONAL DURING THE COVID-19 PANDEMIC AT SMPS ADVENT NUSRA NOELBAKI

Imelda Tefa (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, universitas Kristen Artha Wacana Kupang)
Agus Maramba Meha (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, universitas Kristen Artha Wacana Kupang)
Theodora S.N Manu (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, universitas Kristen Artha Wacana Kupang)
Daniel F. Kamengko (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, universitas Kristen Artha Wacana Kupang)
Drikben E. P. Nggadas (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, universitas Kristen Artha Wacana Kupang)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi diri siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring dimasa pandemi COVID-19 di SMPS Advent Nusra Noelbaki. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPS Advent Nusra Noelbaki yang berjumlah 29 siswa. Data persepsi diri siswa dikumpulkan mengunakan angket. Data persepsi diri siswa dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian terkait persepsi diri  siswa menunjukkan bahwa persentase setiap indikator berada pada kategori cukup.  Untuk indikator 1) 55,5%, indikator 2) 66%, dan indikator 3) 77,7%. Data tersebut menunjukan bahwa persepsis diri siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring dimasa pandemi di ukur dari segi pemahaman dan penilaian bisa dikatakan baik, namun untuk penerimaan siswanya hanya sebatas cukup baik. Hal tersebut terjadi karena media  atau sumber pembelajaran yang dimiliki siswa dan sekolah tidak memadai dan  juga dapat dipengaruhi karena rata-rata siswa tidak memiliki kuota internet, serta kondisi jaringan yang tidak menunjang proses pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PBiotik

Publisher

Subject

Dentistry Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan is an open access and peer reviewed journal. It publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, ...