Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Vol. 11 No. 04 (2022): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan

PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN FINANCIAL TECHNOLOGY TERHADAP INKLUSI KEUANGAN (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JAMBI)

Risa Liska (Universitas Jambi)
Asep Machpudin (Universitas Jambi)
Muhammad Aqil Miftahul Huda Khaza (Universitas Jambi)
RTS Ratnawati (Universitas Jambi)
Besse Wediawati (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Literasi Keuangan dan financial technology terhadap inklusi keuangan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi dan dengan tekhnik purposive sampling diperoleh sebanyak 102 sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan skala likert 4 poin. Teknik pengujian data menggunakan partial least square dengan Software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Inklusi keuangan, dan financial technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap Inklusi keuangan. Literasi keuangan dan financial technology berpengaruh sebesar 77,5% terhadap inklusi keuangan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mankeu

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu) merupakan jurnal yang dapat di akses secara terbuka yang diterbitkan secara periodic tiga kali dalam setahun dengan periode April, September dan Desember. Mankeu menerima naskah secara nasionala dan local dari peneliti, akademisi, praktisi dan ...