Human Narratives
Vol 2, No 2 (2021): Human Narratives

Fenomenologi Desain: Pengungkapan Pengalaman Desainer dalam Desain Komunikasi Visual

Angga Kusuma Dawami (1 Mahasiswa Doktoral Pascasarjana Insitut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Indonesia 2 Pengajar Desain Komunikasi Visual, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia)
Muhammad Rifqi (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Pada dasarnya, akar dari desain, khususnya desain komunikasi visual, adalah seni rupa. Dengan pendekatan fenomenologi, tulisan ini mendiskusikan pengungkapan pengalaman desainer di ranah seni rupa melalui penciptaan karya desain komunikasi visual. Proses penciptaan desainer ini menarik untuk ditelaah, karena dapat menjadi jendela untuk mengakses pengetahuan autentik desainer agar dapat diketahui oleh khalayak. Tulisan ini menggunakan fenomenologi Martin Heidegger sebagai pisau analitis untuk memahami tahapan-tahapan metodis yang dijalani seorang desainer komunikasi visual, sehingga didapatkan pengetahuan yang berbasis pada genetik karya, yakni proses dalam mana karya tersebut dilahirkan oleh sang desainer.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

hnr

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Human Narratives focused to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding research reports, conceptual ideas, studies, theories, using qualitative approach in the field of Linguistics, Philosophy, Sociology, Anthropology, Religion Studies, History, and other ...