TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar
Vol. 2 No. 2 (2022): TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar

PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MELALUI PENDEKATAN ETNOSAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MI PAKEL DAN SDN 2 KARANGREJO KABUPATEN TRENGGALEK

Vila Wijayanti (STKIP PGRI Trenggalek)
Ari Metalin Ika Puspita (STKIP PGRI Trenggalek)
Wahyu Nurmalasari (STKIP PGRI Trenggalek)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya sistem pendidikan sekolah dasar meliputi LKPD yang kini digunakan belum mampu meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar karena kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh LKPD dengan pendekatan etnosains terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Pakel dan SDN 2 Karangrejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh. Sampel penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V MI Pakel dan SDN 2 Karangrejo berjumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan tes. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu pedoman wawancara, lembar observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Penggunaan Paired Sample T-Test sebagai analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan bantuan software SPSS 25.0. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa LKPD dengan pendekatan etnosains berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan LKPD dengan pendekatan etnosains terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tanggap

Publisher

Subject

Education

Description

TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar a national scientific journal is open to seeking innovation, creativity, and novelty. TANGGAP : Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar is a peer-review journal published by the STKIP PGRI Trenggalek. The aim of the journal is to facilitate ...