Journal of Muslim Community Health (JMCH)
Vol. 4 No. 3 (2023): JULI- SEPTEMBER (JMCH)

Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan minat kunjungan ulang pasien rawat inap di RSUD Tenriawaru Bone

Olvin Olvin (Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Jasmin Abbas (Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Een Kurnaesih (Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Reza Aril Ahri (Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Fairus Prihatin Idris (Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Andi Muhammad Multazam (Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2022

Abstract

Latar Belakang: Ketidakpuasan dapat berasal dari menurunnya kualitas pelayanan yang didapatkan. Hal ini juga dapat berdampak pada minat kunjungan ulang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan minat kunjungan ulang pasien rawat inap di RSUD Tenriawaru Bone. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah survei kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan cross-sectional study. Penelitian dilaksanakan di RSUD Tenriawaru Bone, dimulai bulan Juni - September tahun 2022. Sampel sebanyak 90 pasien rawat inap yang dipilih dengan teknik purposive sampling, yaitu pemilihan sampel dengan menetapkan subjek yang memenuhi kriteria. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis univariat, dan uji regresi linear. Uji hipotesis dengan analisis jalur dan uji Sobel. Hasil: Analisis menunjukkan kualitas pelayanan aspek bukti langsung (tangible) (p value 0,000 < 0,05), daya tanggap (responsiveness) (p value 0,000 < 0,05), empati (emphaty) (p value 0,000 < 0,05) berpengaruh signifikan secara langsung terhadap kepuasan pasien. Empati (emphaty) (p value 0,005 < 0,05) berpengaruh signifikan secara langsung terhadap minat kunjungan ulang. Kepuasan pasien secara langsung berpengaruh signifikan (p value 0,002 < 0,05) terhadap minat kunjungan ulang. Sedangkan hasil analisis pengaruh tidak langsung kualitas pelayanan aspek bukti langsung (tangible) (p value 0,009 < 0,05), daya tanggap (responsiveness) (p value 0,000 < 0,05), empati (emphaty) (p value 0,000 < 0,05) berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap minat kunjungan ulang. Kesimpulan: penelitian ini adalah ada pengaruh signifikan kualitas pelayanan aspek bukti langsung (tangible), daya tanggap (responsiveness), empati (emphaty) berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan. Ada pengaruh signifikan kepuasan secara langsung terhadap minat kunjungan ulang. Ada pengaruh signifikan empati (emphaty) secara langsung terhadap minat kunjungan ulang. Ada pengaruh signifikan empati (emphaty) secara tidak langsung terhadap minat kunjungan ulang yang dimediasi kepuasan. Disarankan keluhan yang masuk dilakukan tindakan konkrit dan monitoring serta evaluasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmch

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Journal of Muslim Community Health (JMCH) E-ISSN 2774-4590 adalah jurnal elektronik, open-access, dan peer-review. JMCH didedikasikan untuk menerbitkan hasil penelitian dan tinjauan literatur dari berbagai bidang kesehatan masyarakat, yang meliputi studi Administrasi & Kebijakan Kesehatan, Promosi ...