Journal of Muslim Community Health (JMCH)
Vol. 4 No. 3 (2023): JULI- SEPTEMBER (JMCH)

Determinan Kehamilan Usia Muda Dengan Hiperemesis Gravidarum Terhadap Kejadian Stunting Di Puskesmas Somba Opu Kabupaten Gowa

Praniska (Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Andi Muhammad Multazam (Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Een Kurnaesih (Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Sitti Patimah (Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Reza Aril Ahri (Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)
Arni Rizqiani Rusydi (Magister Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2022

Abstract

Latar Belakang: Hyperemesis gravidarum (HG) adalah muntah yang cukup parah yang menyebabkan penurunan berat badan, dehidrasi, dan alkalosis akibat keluarnya asam hidroklorida, dan hipokalemia. Stunting adalah keaadaan gagal tumbuh pada balita akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek dari standar WHO 2005. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor apa yang menentukan Hyperemesis gravidarum tehadap kejadian Stunting di Puskesmas Somba Opu Kabupaten Gowa. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif, menggunakan survey analitik dengan rancangan cross sectional. Responden dalam penelitian ini sebanyak 50 orang yang dilakukan di Puskesmas Somba Opu Gowa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis Chi Square dan Odds Ratio. Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor hyperemesis gravidarum berpengaruh positif atau berpengaruh signifikan terhadap kejadian Stunting di Puskesmas Somba Opu Kabupaten Gowa dengan nilai korelasi P Value 0,001 < 0,05. Faktor pendapatan tidak berpengaruh positif atau tidak berpengaruh signifikan terhadap kejadian Stunting dengan nilai korelasi P Value 0,981 > 0,05. Faktor emosional berpengaruh positif atau berpengaruh signifikan terhadap kejadian Stunting dengan nilai korelasi P Value 0,001 < 0,05. Faktor dukungan keluarga berpengaruh positif atau berpengaruh signifikan terhadap kejadian Stunting dengan nilai korelasi P Value 0,001 < 0,05. Faktor penyakit hereditas tidak berpengaruh positif atau tidak berpengaruh signifikan terhadap kejadian Stunting dengan nilai korelasi P Value 0,248 > 0,05.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmch

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Journal of Muslim Community Health (JMCH) E-ISSN 2774-4590 adalah jurnal elektronik, open-access, dan peer-review. JMCH didedikasikan untuk menerbitkan hasil penelitian dan tinjauan literatur dari berbagai bidang kesehatan masyarakat, yang meliputi studi Administrasi & Kebijakan Kesehatan, Promosi ...