Jurnal IPA Terpadu
Vol 6, No 2 (2022)

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DISERTAI METODE EKSPERIMEN

Shaufan Habibi (MA Mambaul Ulum Bata-Bata)
Kaharuddin Arafah (Universitas Negeri Makassar)
Anis Nur (SMA Negeri 9 Makassar)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran berbasis masalah disertai metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI Sains MA Mambaul Ulum Bata-Bata yang berjumlah 16 siswa. Penelitian ini dilakukan di semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 pada materi fluida. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi selama dalam kegiatan pembelajaran dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan diperoleh skor klasikal persentase aktivitas belajar fisika siswa pada siklus I sebesar 57,36% dengan kriteria sedang, siklus II 67,79% dengan kriteria aktif dan pada siklus III 73,57% dengan kriteria aktif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah disertai metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa.

Copyrights © 2022