JoEMS : Journal of Education and Management Studies
Vol 5 No 5 (2022): Oktober

Analisis Video Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Biologi di SMPN 4 Jombang

Atika Gita Cahyani (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah)
Fatikhatun Nikmatus Sholihah (Unknown)
Ospa Pea Yuanita Meishanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2022

Abstract

Video merupakan salah satu media audio visual yang mengandung unsur suara dan gambar sehingga materi yang diajarkan menjadi lebih mudah dipahami selain itu video juga dapat dijeda maupun diperlambat jika materi dirasa masih belum dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hasil analisis video pembelajaran sebagai media pembelajaran daring pada materi Biologi kelas VII dan VIII. Analisis video dilakukan dengan memanfaatkan sumber primer berupa hasil angket video pembelajran dan sumber primer berupa studi literatur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang terdiri atas 3 cara yaitu Editing, Organizing, dan Penemuan Hasil Penelitian. Analisis data menggunakan model penelitian dari Miles dan Huberman yang memiliki 3 tahap yakni Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil analisis data primer berupa rata-rata (%) skor kelas VII pada video 1 adalah 80,3% dengan kriteria layak, video 2 adalah 78% dengan kriteria layak, video 3 adalah 84,3% dengan kriteria sangat layak, video 4 adalah 81,3% dengan kriteria sangat layak, dan video 5 adalah 90,3% dengan kriteria sangat layak. Rata-rata skor media pembelajaran video kelas VIII pada video 1 adalah 81,7% dengan kriteria sangat layak, pada video 2 adalah 87% dengan kriteria sangat layak, pada video 3 adalah 90,3% dengan kriteria sangat layak, pada video 4 adalah 83% dengan kriteria sangat layak, dan pada video 5 adalah 86,3% dengan kriteria sangat layak. Dari hasil angket dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran IPA pada materi Biologi sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat memberikan dampak positif bagi pendidik dan peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

joems

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Journal of Education and Management Studies Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (JoEMS) provides a media to publish scientific articles as a result of research and development in social and political fields. JoESM publishes research, development and review articles in social and political fields with ...