Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
2018: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya

Pembelajaran Matematika dengan Strategi Students Teams Achievement Division dan Two Stay Two Stray Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah

Fitri Miladina (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sri Rejeki (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji dan menganalisis: (1) perbedaan pengaruh hasil belajarmatematika dilihat dari dua strategi pembelajaran yang berbeda (Students Teams Achievement Division and Two Stay Two Stray), (2) perbedaan pengaruh hasil belajar matematika dilihat dari tingkat keterampilan pemecahan masalah, (3) pengaruh interaksi antara strategi dan kemampuan pemecahan masalah pada hasil belajar Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen kuasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling. Sampel penelitian kelas VIII G dan VIII E.Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalan sel tak sama. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan pengaruh terhadap hasil belajar matematika dilihat dari dua strategi pembelajaran (STAD dan TSTS), strategi STAD memberikan hasil belajar matematika yang lebih baik daripada strategi TSTS, (2) ada perbedaan pengaruh hasil belajar Matematika dilihat dari tingkat keterampilan pemecahan masalah, siswa dengan kemampuan pemecahan masalah tingkat tinggi memberikan hasil hasil belajar matematika lebih baik daripada siswa dengan tingkat keterampilan pemecahan masalah yang rendah atau rendah. (3) Tidak ada pengaruh interaksi antara strategi dan kemampuan memecahkan masalah pada hasil belajar Matematika.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

knpmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Konferensi ini diadakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mewadai ide-ide baru dalam bidang Penelitian ...