Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
2018: Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya

Navigasi Objek Virtual Bergerak Bebas untuk Augmented Reality menggunakan Kamera 3D Intel Realsense

Aninditya Anggari Nuryono (Universitas Gadjah Mada)
Igi Ardiyanto (Universitas Gadjah Mada)
Sunu Wibirama (Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2018

Abstract

Augmented Reality adalah sebuah teknik untuk menggabungkan konten digital dengan dunia nyata secara real time. Kamera 3D Intel RealSense digunakan untuk menghasilkan konten digital pada Augmented Reality berbasis markerless. Kamera ini merekonstruksi lingkungan nyata secara tiga dimensi. Scene perception merupakan metode untuk merekonstruksi ulang lingkungan nyata secara tiga dimensi. Pemanfaatan kamera ini pada Augmented Reality berupa autonomous agent. Autonomous agent memiliki fungsi navigasi agar sampai ke titik tujuan dengan mencari jalur yang disebut pathfinding. Autonomous agent miliki tiga perilaku yaitu seek, arrive, dan action selection. Perilaku-perilaku ini digunakan autonomous agent agar sampai ke titik tujuan dengan menghindari halangan virtual dan nyata yang ada di dunia nyata. Metode scene perception digunakan untuk membuat sebuah mesh. Mesh ini merupakan grid virtual di dunia nyata yang digunakan sebagai area Augmented Reality. Hasil navigasi dari autonomous agent menggunakan metode scene perception pada Augmented Reality dapat bekerja dengan baik. Autonomous agent dapat menuju ke titik tujuan dengan menghindari halangan virtual dan nyata.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

knpmp

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Konferensi ini diadakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mewadai ide-ide baru dalam bidang Penelitian ...