Mimbar PGSD Undiksha
Vol. 10 No. 3 (2022): Oktober

Hubungan Rasa Percaya Diri dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Rahmy Fadilla Irman (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Indonesia)
Zubaidah Amir (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Indonesia)
Risnawati (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2022

Abstract

Matematika sering dikatakan oleh kebanyakan siswa merupakan pelajaran yang susah dan banyak siswa tidak suka pada pelajaran matematika, sehingga hasil belajar matematika siswa bervariasi. Salah satu faktor psikologi yang ada pada diri seseorang adalah self confidence. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kepercayaan diri siswa memiliki hubungan dengan hasil belajar di kelas empat pada pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yaitu korelasional untuk menarik kesimpulan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 orang berasal dari kelas IV. Pengambilan data menggunakan kuesioner tentang tingkat kepercayaan diri partisipan digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini. Sedangkan hasil belajar matematika siswa ditentukan berdasarkan nilai semesternya. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis statistic inferensial. Metode analisis data menggunakan uji product moment dengan bantuan SPSS 16. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara self confidence dengan hasil belajar matematika siswa. Dengan korelasi sedang sebesar 0,662 dapat dikatakan bahwa hasil belajar matematika siswa akan lebih rendah jika tingkat kepercayaan diri siswa lebih rendah, dan sebaliknya jika tingkat kepercayaan diri siswa tinggi maka hasil belajar matematika mereka akan lebih tinggi. Implikasi pada penelitian ini yaitu guru bisa meningkatkan hasil belajar matematika siswa dari salah satu faktor internal yaitu kepercayaan diri siswa.

Copyrights © 2022