Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha
Vol. 8 No. 3 (2022): Pendidikan Bahasa Jepang

Semiotika Riffaterre dalam Puisi Ame ni mo Makezu

Putu Diah Purnami Sari (Universitas Mahasaraswati Denpasar)
Ni Wayan Meidariani (Universitas Mahasaraswati)
Ni Luh Gede Meilantari (Universitas Mahasaraswati)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2022

Abstract

Puisi Ame ni mo Makezu karya Miyazawa Kenji merupakan salah satu puisi yang unik karena tidak dipublikasikan oleh sang penyair melainkan ditemukan sang bibi pada buku catatannya setelah ia meninggal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna pada puisi Ame ni mo makezu menggunakan teori semiotika Riffaterre. Metode yang digunakan untuk analisis data adalah yaitu deskriptif kualitatif. Data dihimpun menggunakan teknik studi pustaka. Melalui proses analisis ditemukan bahwa makna yang ingin disampaikan penyair melalui puisi adalah tentang keinginannya untuk dapat menebar kebajikan selama masa hidupnya dan bermanfaat bagi orang banyak. Ditemukan pula 6 metafora, 1 perumpaan epos, 1 kontradiksi dan 1 rima.

Copyrights © 2022