Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat
SEMINAR NASIONAL 2022:PROSIDING EDISI 10

Penerapan Penelitian Tindakan Kelas dalam Mengelaborasi Aktivitas Belajar Siswa di SMK

Riana T. Mangesa (Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar)
Abd. Muis Mappalotteng (Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar)
Kholik Prasojo (Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar)
Elfira Makmur (Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar)
Yunus Tjandi (Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2022

Abstract

Abstrak : Meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan menggunakan pembelajaran aktif. Pada Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan di SMKN 1 Takalar, salah satu hasil identifikasi masalah adalah rendahnya aktivitas belajar siswa. Hal ini tentu akan berpengaruh pada hasil belajar siswa, Solusi yang ditawarkan adalah melakukan Penelitian Tindakan Kelas, dengan tujuan untuk mengelaborasi aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMKN 1 Takalar. Sasaran eksternal adalah meningkatkan kualitas pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah: ceramah, diskusi, tanya jawab, dengan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan tentang mengidentifikasi masalah siswa di kelas (2) mitra memiliki keterampilan untuk menulis proposal dengan tepat, (3) mitra memiliki kemampuan merefleksikan permasalahan dan solusinya untuk sebuah merumuskan Tindakan. Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Aktivitas, SMK

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

semnaslpm

Publisher

Subject

Chemistry

Description

Seluruh artikel dalam Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian tahun 2019 bukan merupakan opini dan pemikiran dari ...