Educational Guidance and Counseling Development Journal
Vol 5, No 2 (2022): EGCDJ

Tingkat Adiksi Penggunaan Media Sosial Remaja: Studi Deskriptif

Hasgimianti Hasgimianti (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Suci Habibah (UIN Sultan Syarif Kasim Riau)
Alfiah Alfiah (UIN Sultan Syarif Kasim Riau)
Raden Deceu Berlian Purnama (UIN Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2022

Abstract

Perkembangan pada masa remaja merupakan masa transisi antara masa anak-anak menuju masa Remaja. Perkembangan media sosial memberikan andil dalam proses interaksi antara inidividu dengan lingkungan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) gambaran tingkat adiksi penggunaan media sosial remaja, (2) gambaran konten yang sering dibuka remaja dalam penggunaan media social. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa di SMP Negeri 23 Pekanbaru, sampel dalam penelitian ini adalah 118 orang siswa SMP Negeri 23 Pekanbaru. Teknik pengumplan data dalam penelitian ini menggunakan angket media social yang telah dilakukan uji coba validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan presentase. Hasil dalam penelitian menunjukan bahwa : (1) analisis gambaran tingkat adiksi penggunaan media sosial bagi remaja untuk kategori sangat tinggi 21%, tinggi 37%, sedang 26%, rendah 12%, dan sangat rendah 4%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa tingkat adiksi penggunaan media social pada terbanyak pada kategori tinggi dan sedang, (2) konten yang paling banyak dibuka melalui social media ditemukan bahwa remaja membuka social media market place, berbelanja online dengan jumlah 45% dengan kategori sering, ibu-ibu membuka social media Tiktok dengan jumlah 86% dengan kategori kadang-kadang, ibu-ibu membuka social media gossip artis atau berita viral dengan jumlah 55% dengan kategori kadang-kadang, ibu-ibu membuka social media untuk melihat status dan foto teman-teman dengan jumlah 78% dengan kategori sering, ibu-ibu membuka social media untuk melihat instastory, status WA, maupun live facebook dengan jumlah 56%.TRANSLATE with x EnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian //  TRANSLATE with COPY THE URL BELOW Back EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack//

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EGCDJ

Publisher

Subject

Education

Description

Educational Guidance and Counseling Development Journal (EGCDJ) (E ISSN 2614-8358) (P ISSN 2615-3661) merupakan wadah untuk menampung berbagai artikel penelitian dan konsep pemikiran mutakhir tentang bimbingan konseling. Jurnal ini menjadi wadah bagi semua Tenaga Kependidikan, Ahli, Praktisi, dan ...