Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol 16, No 5: Al Qalam (September 2022)

Pembelajaran Fiqih Berbasis Kontekstual Kelas 10 Bahasa Madrasah Aliyah Fattah Hasyim Tambakberas Jombang

Kharish Maulidar Rohmah (Universitas KH. A. Wahab Hasbullah Jombang, Jawa Timur, Indonesia)
M. Dzikrul Hakim Al Ghozali (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bermuara dari adanya kebosanan dan sulitnya siswa dalam memahami materi pembelajaran fiqih. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan pembelajaran fiqih berbasis kontekstual pada kelas 10 bahasa di MA Fattah Hasyim Tambakberas Jombang, 2) menampakkan unsur kontekstual pada pelajaran fiqih. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa datanya meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan DenganĀ  teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontektual terdapat pada kegiatan pembukaan, inti dan penutup, unsurnya terdapat aspek kontektual dalam pembelajaran fiqh pada kegiatanĀ  konstruktivisme, inquiry, tanya jawab. Dan unsur-unsur kontekstual tersebut tedapat pada materi pelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...