JEPA (Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis)
Vol 6, No 4 (2022)

Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah Kerajinan Bambu Dan Rotan Di Kabupaten Sambas

Olivia Syafa Husna (Unknown)
Dewi Kurniati (tanjungpura university)
Josua Parulian Hutajulu (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2022

Abstract

Kerajinan dari bambu dan rotan adalah produk andalan daerah Desa Parit Raja Kecamatan Sejangkung. Aksesibilitas bahan mentah adalah salah satu alasan spesialisasi kerajinan tangan masih berlangsung. Usaha kerajinan masih dihadapkan pada persoalan mendasar, khususnya dalam memasarkan produk kerajinan. Sampai saat ini, para pekerja terampil mengandalkan pengecer dalam memasarkan produk yang siap jual. Tujuan dari penelitian yaitu dapat menentukan pilihan strategi pemasaran dengan tepat. Untuk menentukan alternatif strategi, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT. Terdapat 29 orang responden yang mana 8 orang dari mereka merupakan informan kunci, dan 21 lainnya merupakan informan biasa. Analisis SWOT yang dilakukan menunjukkan hasil yang mengarah kepada strategi SO (Strengths – Opportunity) dan memiliki 4 alternatif strategi, yaitu  meningkatkan kualitas barang dengan cara berinovasi untuk menciptakan produk baru,  pemanfaatan fasilitas pemerintah, memanfaatkan digital marketing dan  memperluas jaringan kerjasama.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jepa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian secara reguler setiap tiga bulan sekali untuk tujuan mendeseminasikan hasil penelitian dan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa, dosen, peneliti dan pengabdi. Topik keilmuan yang ...