Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 18, No 2 (2022): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI SMAN 2 LUWU UTARA

Tuti Widayana (Universitas Negeri Makassar)
Abdul Haris (Universitas Negeri Makassar)
Mutahharah Hasyim (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Google Classroom terhadap hasil belajar fisika di SMAN 2 Luwu Utara. Indikator efektivitas yang digunakan yaitu ketercapaian tujuan pembelajaran yang ditinjau berdasarkan hasil belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X yang pernah mengikuti kegiatan pembelajaran daring dengan menggunakan Google Classroom sebanyak 151. Sampel dalam penelitian berjumlah 80 orang dengan teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan instrumen test secara langsung kepada 80 responden. Data hasil penelitian melalui metode survei dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa 0% peserta didik berada pada kategori sangat baik, 0% peserta didik berada pada kategori baik, 10% peserta didik berada pada kategori cukup, 51,25% peserta didik berada pada kategori kurang, dan 38,75% peserta didik berada pada kategori kurang sekali. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar peserta didik berada pada kategori kurang sehingga penggunaan Google Classroom pada pembelajaran daring di SMAN 2 Luwu Utara yang telah dilaksanakan tidak efektif.

Copyrights © 2022