IKRA-ITH Informatika : Jurnal Komputer dan Informatika
Vol 6 No 3 (2022): IKRAITH-INFORMATIKA Vol 6 No 3 November 2022

Perencanaan Strategi Dan Implementasi Sistem Penjualan Umkm Go-Digital Berbasis Web (Studi Kasus Umkm Eskimo)

Albi Rudiawan Saputra (Universitas Esa Unggul)
Malabay Malabay (Universitas Esa Unggul)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Dalam proses pengembangan perekonomian Indonesia, kenaikan energi saing UsahaMikro Kecil Menengah (UMKM) patut dibenahi karena berkaitan dengan pertumbuhanekonomi Indonesia. Serta hadirnya upaya peningkatan daya saing untuk UMKM, sektorpertumbuhan ekonomi Indonesia bisa semakin besar dan faktor-faktor penting lainnya gunameningkatkan daya saing yaitu adanya implementasi teknologi informasi. Denganhadirnya strategi peningkatan daya saing bagi UMKM, sektor pembangunan perekonomianIndonesia akan makin besar salah satu faktor yang penting guna meningkatkan daya saingyaitu dengan menggunakan teknologi informasi. Metode yang digunakan untukperencanaan dan strategi UMKM go digital menggunakan SWOT dan requirementplanning sedangkan untuk pengembangan sistem menggunakan metode rapid applicationdevelopment. Penelitian ini bertujuan untuk pengimplementasian dari strategi go digitaldan strategi marketing online yang perlu dilakukan oleh UMKM Eskimo. Perencanaan danstrategi go digital UMKM Eskimo ini memerlukan dua metode pengumpulan data yaituanalisis SWOT dan requirement planning untuk mengetahui go digital yang harus diimplementasikan. Sedangkan untuk mendukung perencanaan strategi dan implementasiUMKM Go-Digital dari faktor internal yaitu menggunakan analisis SWOT dan sistempenjualan berbasis web sedangkan untuk mendukung faktor eksternalnya diperlukanpengimplementasian strategi digital marketing.

Copyrights © 2022