cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
IKRA-ITH Informatika : Jurnal Komputer dan Informatika
ISSN : 25804316     EISSN : 26548054     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 232 Documents
PENENTUAN TREN MODE JENIS KAYU HUTAN ALAM DENGAN ALGORITMA APRIORI ., Jupriyanto
IKRAITH-INFORMATIKA Vol 1 No 2 (2017): IKRAITH-INFORMATIKA vol 1 Nomor 2 Bulan November 2017
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.657 KB)

Abstract

Subdit Peredaran Hasil Hutan adalah salah satu Subdit di bawah Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yangbertanggung jawab terhadap peredaran hasil hutan yang ada di Indonesia. Subdit akan mencatat transaksi SKSKB (SuratKeterangan Sah Kayu Bulat) / DKB (Daftar Kayu Bulat) dari TPK (Tempat Penampungan Kayu) 1 ke TPK yang lain.Teknik data mining telah di terapkan dalam mengatasi permasalahan yang ada, adalah algoritma apriori untuk mendapatkaninformasi tentang asosiasi antar jenis kayu dari laporan transaksi SKSKB / DKB. Hasil pengolahan akan membantu dalambentuk rekomendasi pemenuhan stok kayu di TPK. Juga akan lebih mudah menempatkan posisi kayu yang menjadi trendalam transaksi SKSKB / DKB, sehingga dapat dengan mudah di lihat dan di jangkau pada saat proses pengangkutan. Hasil pengolahan data mining juga akan membantu dalam hal promosi penjulan kayu dalam hal paket potongan harga. Dari data transaksi SKSKB / DKB yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Timur selama periode bulan April 2017, denganmenggunakan teknik data mining algoritma apriori dapat diambil kesimpulan bahwa data mining dapat diimplementasikandengan menggunakan database SKSKB/DKB karena dapat menemukan kecenderungan pola kombinasi itemsets (jeniskayu), pola kombinasi yang paling tinggi supportnya adalah pola kombinasi pengiriman jenis kayu Meranti Kuning makaakan mengirim jenis kayu Meranti Merah.
PEMILIHAN TAMAN KANAK – KANAK DIWILAYAH JAGAKARSA DENGAN PROFILE MATCHING Khotijah, Siti; Marlina, Dwi; Driyani, Dewi
IKRAITH-INFORMATIKA Vol 1 No 2 (2017): IKRAITH-INFORMATIKA vol 1 Nomor 2 Bulan November 2017
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.387 KB)

Abstract

Taman kanak-kanak (TK) merupakan salah satu lembaga pendidikan anak usia dini dengan rentang usiaantara 4 (empat) tahun sampai dengan 6 (enam) tahun. Pendidikan di taman kanak – kanak merupakan dasarpendidikan untuk meningkatkan kemampuan motorik dan pengetahuan dasar agar memiliki persiapan untukmemasuki pendidikan lebih tinggi.Dengan banyaknya taman kanak –kanak diwilayah Jagakarsa mengakibatkanorang tua sulit dalam memilih taman kanak - kanak yang sesuai dan tepat bagi anak-anaknya. Calon orang tuamurid akan diberikan kuasioner kriteria – kriteria yang dibutuhkan dalam memilih taman kanak – kanak. Tamankanak – kanak akan memberikan data – data untuk bisa diolah untuk mengetahui sekolah yang dipilih calon orangtua murid. Perancangan sistem untuk proses pemilihan taman kanak – kanak akan digambarkan menggunakandiagram UML (Unified Modeling Language). Metode yang digunakan untuk penelitian ini yaitu metode profilematching. Dengan menggunakan metode profile matching diharapkan dapat membantu orang tua memberikaninformasi dan rekomendasi dalam memilih taman kanak - kanak berdasarkan kebutuhan dan kemampuan. Variabelyang digunakan didalam profile matching ini adalah Jarak, Jumlah Pengajar, Fasilitas, Biaya, dan Akreditasi.Pembagian core factor dalam metode profil matching adalah Jarak, Jumlah Pengajar, dan Fasilitas, sedangkanuntuk secondary factor adalah Biaya, dan Akreditasi. Untuk menggunakan 60% untuk core factor, dan 40% untuksecondary factor. Hasil dari metode profile matching adalah urutan rangking sekolah Taman Kanak - Kanak yangsudah dipilih oleh orang tua.  
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DENGAN MODEL BASISDATA REA (RESOURCES, EVENTS, AGENTS) DI KECAMATAN NONGSA BATAM ., Metahelgia; ., Mursal
IKRAITH-INFORMATIKA Vol 1 No 2 (2017): IKRAITH-INFORMATIKA vol 1 Nomor 2 Bulan November 2017
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (638.514 KB)

Abstract

Sistem penganggaran di kecamatan dan desa dapat dikelola dengan menggunakan siklus akuntansi, yaitu pekerjaan akuntansi mulai dari mencatat transaksi (journalizing), mengklasifikasikan transaksi ke dalam akunakunyangsesuai(posting),mengikhtisarkanmasing-masingakunkedalamsusunandebetdankredit( summarizinginto trial balance), membuat penyesuaian – penyesuaian (adjustment), hingga menyusun laporankeuangan (Financial statement). Siklus akuntansi dapat berjalan dengan baik jika didukung oleh sistem informasi akuntansi yang baik.Sistem informasi akuntansi didefinisikan sebagai seperangkat sumber daya berupa manusia dan peralatan yang dirancang untuk mentransformasikan data-data keuangan ke dalam bentuk informasi yang dibutuhkan oleh para pengambil keputusan. Sistem informasi akuntansi dapat dilakukan secara manual atau terkomputerisasi. Saat ini sistem informasi banyak menggunakan model basisdata dengan menggunakan pendekatan ER. Pemodelan basisdata yanglain adalah model REA yang masih belum banyak digunakan. Sistem informasi akuntansi terkomputerisasi dapatdidokumentasikan dengan menggunakan analisis dan perancangan pemodelan basisdata dengan menggunakanpendekatan REA (Resources, Events, and Agents). Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model basisdata dengan menggunakan pendekatan REA untuksebuah sistem informasi akuntansi di kecamatan dan desa, dengan studi kasus di kecamatan Nongsa Batam.
PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN ANAK DENGAN PEMBANGUNAN KOMIK ELEKTRONIK ., Faisal; Baskoro, Galih Wahyu; Ridwan, Muhammad; ., Mardawati
IKRAITH-INFORMATIKA Vol 1 No 2 (2017): IKRAITH-INFORMATIKA vol 1 Nomor 2 Bulan November 2017
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.263 KB)

Abstract

Pembangunan pendidikan adalah sangat penting dilaksanakan sebagai dasar bagi pembentukan kepribadian manusiasecara utuh, yaitu untuk pembentukan karakter, budi pekerti yang luhur, cerdas, ceria, terampil dan bertakwa kepada TuhanYang Maha Esa. Upaya pengembangan pendidikan dapat dilakukan dengan cara membaca buku formal, maupun membacabuku non formal berupa media komik. Penelitian yang dilakukan tim Program of International Student Assessment (PISA)Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia menunjukkan bahwa kemahiranmembaca anak usia 15 tahun di Indonesia sangat memprihatinkan. Dalam penelitian ini mengungkapkan tentang layanan informasi pembelajaran kepada masyarakat dalam bentuk elektronik komik, agar dapat meningkatkan kwalitas pendidikan anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dan rancang bangun dengan menyajikan rangkuman wawancaradan survei lapangan untuk membangun media elektronik komik. Keluaran dari penelitian ini adalah rancang bangun sebuahhalaman elektronik berupa elektronik komik yang memberikan layanan informasi pembelajaran kepada masyarakat, agardapat meningkatkan kwalitas pendidikan anak.
OPTIMALISASI PROSES PENAGIHAN PEMBAYARAN KARTU KREDIT DENGAN METODE SMART CLASSIFICATION PADA BANK NEGARA INDONESIA Wiyadi, Yudi Permana; Indrajit, Richardus Eko
IKRAITH-INFORMATIKA Vol 1 No 2 (2017): IKRAITH-INFORMATIKA vol 1 Nomor 2 Bulan November 2017
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.057 KB)

Abstract

Pertumbuhan kartu kredit di Indonesia memperlihatkan kecepatan yang cenderung eksponensial. Data memperlihatkanbahwa seorang nasabah lebih memiliki dari satu kartu kredit. Dalam konteks ini, bank harus memiliki cara yang efektif untukmengendalikan terjadi kredit macet. Mengingat bahwa sebuah bank besar memiliki jutaan nasabah, maka diperlukan tehnikpenagihan yang efektif, efisien dan terkendali berbasis data empiris. Artikel ini menawarkan model penagihan berbasiskonsep bussines intelligence. Metode yang dipergunakan adalah smart classification. Rencananya model ini akandiujicobakan dalam lingkungan Kantor Pusat Bank Negara Indonesia.
PERANCANGAN APLIKASI NAVIGASI PETA DENGAN ENGENALAN SUARA MENGGUNAKAN PENDEKATAN AGILE PROCESS DENGAN MODEL EXTREME PROGRAMMING BERBASIS ANDROID Chandra, Yudi Irawan
IKRAITH-INFORMATIKA Vol 1 No 2 (2017): IKRAITH-INFORMATIKA vol 1 Nomor 2 Bulan November 2017
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (646.979 KB)

Abstract

Sebuah peta dalam bentuk kertas dapat memberikan informasi mengenai lokasi yang dituju seseorang. Namun seiring dengan kemajuan teknologi, peta kertas mulai tergantikan oleh peta dalam format digital. Tidak seperti pada peta kertas yangdapat terlipat, memuai atau sobek ketika disimpan, peta digital dapat dikembalikan ke bentuk asalnya kapanpun tanpaada penurunan kualitas. Selain itu, peta digital lebih mudah diperbaharui. Penyuntingan untuk keperluan perubahan data atauperubahan sistem koordinat misalnya, dapat lebih mudah dilakukan menggunakan perangkat lunak tertentu. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi saat ini yang sangatlah pesat sehingga penerapan teknologi informasi dapat dimanfaatkan pada kehidupan manusia. Salah satu teknologi Sistem Operasi yang berkembang pesat saat ini adalah Android. Sistem operasi Android adalah sistem operasi berbasis Linux untuk smartphone yang menyediakan platformterbuka bagi para pengembang untuk menciptakan suatu aplikasi. Extreme Programming merupakan salah satu model yang ada dalam pendekatan Agile Process (pengembanganperangkat lunak jangka pendek). Extreme Programming mencoba meningkatkan efisiensi dan fleksibilitas melalui berbagaiprinsip dan teknik praktis pengembangan perangkat lunak. Berdasarkan hal tersebut penulis mencoba membuat aplikasinavigasi dan informasi peta menggunakan pengenalan suara melalui model Extreme Programming. Aplikasi inidiharapkan dapat membantu mempermudah pengguna dalam melakukan pencarian lokasi dan rute dari suatu tempat ketempat lain yang ingin dituju dan dapat diakses melalui ponsel atau tablet berbasis Android.
LET’S PLAY MANDARIN: MEDIA INTERAKTIF UNTUK EMBELAJARAN BAHASA MANDARIN TINGKAT SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID Hidayati, Anisah Nurul; Hakkun, Rizky Yuniar; Sa’dyah, Halimatus
IKRAITH-INFORMATIKA Vol 1 No 2 (2017): IKRAITH-INFORMATIKA vol 1 Nomor 2 Bulan November 2017
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.481 KB)

Abstract

Perkembangan kebudayaan Cina, yang berdampak pada dunia pendidikan di Indonesia khususnya bahasa Mandarin.Untuk menunjang pembelajaran bahasa Mandarin, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat digunakan kapanpun dandimanapun. Untuk itu pada proyek akhir ini dibuat media pembelajaran bahasa Mandarin untuk siswa sekolah dasar kelas 4sampai 6. Media pembelajaran ini dapat dijalankan di telepon genggam yang telah diprogram Android. Di dalam aplikasi initerdapat 2 fitur pembelajaran. Fitur tersebut merupakan fitur untuk pembelajaran dan latihan. Dalam fitur pembelajaran,terbagi menjadi 15 bab yang masing-masing babnya memiliki materi yang diangkat. Setiap materi terdapat karaktermandarin, romansia dan arti dalam bahasa Indonesia. Sedangkan fitur kuis, terdapat 4 tipe soal berbeda dengan 23 soal danwaktu 5 detik untuk menjawab. Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa, siswa sekolah dasar Setia Budhi kelas 5 dan 6antusias dengan tipe media pembelajaran seperti ini. 87% dari 32 responden menyatakan bahwa aplikasi ini dapat digunakansebagai media pembelajaran dan 94% dari 32 responden menyatakan setuju dan sangat setuju bahwa media pembelajaranseperti ini dapat membantu peserta didik untuk mempelajari bahasa Mandarin. Dengan adanya aplikasi ini, peserta didikdapat menambah kosa kata maupun mengenal dan mempelajari bahasa Mandarin di manapun dan kapanpun. Media Pembelajaran
PENERAPAN DATA MINING DALAM MENANGANI KEMACETAN DI JAKARTA Suyitno, Popy Purnamasari Wahid; Indrajit, Richardus Eko; Fauzi, Muh
IKRAITH-INFORMATIKA Vol 1 No 2 (2017): IKRAITH-INFORMATIKA vol 1 Nomor 2 Bulan November 2017
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.589 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis akurasi Algoritma C4.5 dalam mendeteksi Kemacetan yang paling sering terjadi di Jakarta, penulis mencoba menawarkan strategi menangani Kemacetan di Jakarta, dengan konsep Business Intelegencie(BI). Jurnal ini menawarkan modelpenerapan Angkot Sekolah online berbasis BIdengan MetodeCRISP-DM, Algoritma A*, TSP-BAB. Penelitian ini memakai Populasi dan sampel sebanyak 50 Responden. Hasil penelitian 1).Analisis C4.5ditemukan bahwa Kemacetan terjadi Pagi dan Siang, Jam 07:0008:00 WIB, nilai paling besar adalah Jakarta Timur Jam 07:00 WIB panjang kemacetan 10,45Km, kemudian hasil Statistik yang Mengendarai Kendaraan Pribadi 9x lebih banyak dari pada Kendaraan Umum, terjadi kemacetan. Waktu Pagi Jam 07:00–08:00 WIB dan Sore Jam 17:00 WIB panjang Kemacetan 10,45Km dengan tingkat Akuras tersebar dibeberapa titik kemacetan Jalan Raya Jakarta Timur. 2). Penggunaan Algoritma A* dalam mencari Rute terpendek efesien digunakan 3).Penerapan Angkot Sekolah online menggunakan Metode TSP-BABdalam Minimalisir Biaya Perjalanan menjemput Siswa dapat mengurangi macet, mengurangi kecelakaan, mengurangi waktu keterlambatan siswa, minimalisir ongkos perjalanan. Saran yang diberikan yaitu menjadi bahan evaluasi bagi Pemerintah dalam menangani Kemacetan di Jakarta, secara efisien, aman dan transparan.
PENERAPAN KONSEP BUSINESS INTELLIGENCE UNTUK PERCEPATAN PENYELESAIAN PERKARA PADA PANMUD PERDATA KHUSUS MAHKAMAH AGUNG RI Yumalia, Astria; Indrajit, Richardus Eko
IKRAITH-INFORMATIKA Vol 1 No 2 (2017): IKRAITH-INFORMATIKA vol 1 Nomor 2 Bulan November 2017
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (552.961 KB)

Abstract

Surat Keputusan Ketua MA No. 214/KMA/SK/XII/2014 tentang Jangka Waktu Penanganan Perkara diMahkamah Agung yang kini tengah menghadapi lonjakan jumlah perkara. Kelambatan penyelesaian perkarameningkatkan tumpukan perkara dan penyelesaian perkara yang lama berimplikasi dengan semakin besar biayadisertai dengan prosedur panjang menimbulkan kerugian dan ketidakpastian hukum bagi pencari keadilan.Business intelligence merupakan sistem aplikasi yang mampu menganalisa data operasional dan data transaksionaldi masa lampau ke dalam bentuk knowledge untuk mendukung keputusan dan perencanaan organisasi. BusinessIntelligence sebagai alat bantu untuk mengolah dan menganalisa data register perkara perdata khusus sehinggadapat memberikan informasi yang akurat. Penelitian dilakukan dengan menerapkan konsep business intelligence dengan pengklasifikasian algoritma yang tepat dalam percepatan penyelesaian perkara. Beberapa algoritma yang diuji, yaitu algoritma decisson tree, Naive Bayes, Logistic Regression, Decision Stump dan k-NN. Validasidilakukan dengan menggunakan 10 fold cross validation, Area Under Curve (AUC) untuk model evaluasi kinerja.Metode klasifikasi yang diusulkan dilihat dari perbandingan akurasi dan AUC, lalu melakukan uji t-test untukanalisis uji beda. Hasil yang diperoleh menunjukkan persentase perkara yang diselesaikan tepat waktu.
Peran Bussines Intelligence Dalam Menentukan Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Kurniawati, Ika; Indrajit, Richardus Eko; Fauzi, Muh.
IKRAITH-INFORMATIKA Vol 1 No 2 (2017): IKRAITH-INFORMATIKA vol 1 Nomor 2 Bulan November 2017
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.443 KB)

Abstract

Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal (ISTA) menggunakan sistem penerimaan mahasiswa baru onlineberusaha untuk menarik siswa-siswi SMA dan sederajat untuk menjadi mahasiswa di ISTA. Permasalahan yangterjadi adalah masih besarnya persentase calon mahasiswa yang tidak melakukan registrasi ulang padahalsudahdinyatakan lulus seleksi sehingga target kuota mahasiswa baru tidak tercapai. Penelitian ini bertujuan untukmelakukan mengelompokan data mahasiswa ke dalam beberapa cluster berdasarkan kemiripan dari data tersebut.Sehingga data mahasiswa yang memiliki karakteristik yang sama dikelompokkan dalam satu cluster dan yangmemiliki karakteristik berbeda dikelompokkan dalam cluster yang lain, dengan memanfaatkan proses data miningyaitu metode smart clustering k-means. Sistem Bussines inteligence pada penelitian ini berperan untukmeningkatkan keunggulan kompetitif institusi melalui pendayagunaan berbagai data, informasi dan pengetahuanyang dimiliki oleh institusi sebagai bahan dalam proses pengambilan keputusan. Metode yang digunakan adalahCRISP-DM dengan proses business understanding, data understanding, data preparation, modeling, evaluationdan deployment. Pengujian dilakukan menggunakan tool RapidMiner 7.3 untuk membantu menemukan hasil yangakurat untuk memecahkan masalah tersebut. Hasil dari penelitian ini digunakan sebagai salah satu dasarpengambilan keputusan untuk menentukan strategi promosi berdasarkan cluster yang terbentuk oleh pihakmarketing ISTA.

Page 1 of 24 | Total Record : 232