IKRA-ITH Informatika : Jurnal Komputer dan Informatika
Vol 7 No 2 (2023): IKRAITH-INFORMATIKA Vol 7 No 2 Juli 2023

E-Learning Berbasis Android Memanfaatkan Augmented Reality (Studi Kasus: Pelajaran IPA Sekolah Dasar Materi Planet Tata Surya)

Parno Parno (Universitas Gunadarma)
Dion Yudha Agustinus (Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Augmented Reality (AR) adalah pengabunggan dunia nyata dan virtual yang bersifat interaktifsecara real time, dan merupakan animasi tiga dimensi. Pada penulisan ini teknologi AR akan diterapkandalam bidang ilmu pengetahuan umum untuk siswa Sekolah Dasar untuk memperkenalkan informasipada Planet Tata Surya. Aplikasi ini memberikan informasi seputar jarak, variasi, bentuk, dan ukurantertentu pada setiap planet, serta marker berupa gambar planet yang akan menampilkan objek tigadimensi yang sesuai. Metode Penulisan ini menggunakan metode SDLC yang terdiri dari Perencanaan,Analisis, Perancangan, Pengkodean dan Uji Coba. Objek 3D tersebut dibuat melalui aplikasipengolahan objek tiga dimensi seperti Blender. Untuk tools yang digunakan terdapat Unity3D.Kemudian untuk tools AR menggunakan Vuforia SDK. Dalam pembuatannya menerapkan unsur-unsurmenarik pada marker sehingga dapat membuat pengguna tertarik untuk mengenal seputar Planet TataSurya. Hasil aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh banyak orang terutama sebagai metode pembelajaransiswa Sekolah Dasar dan juga dapat digunakan sebagai media tambahan dalam mengenalkan PlanetTata Surya dengan cara baru dan informatif.

Copyrights © 2023