Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan
Vol. 2 No. 6 (2022)

Pengembangan Modul Tutorial Berkarya Batik Ikat Celup pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya di Kelas V SDN 1 Coper Jetis Ponorogo

Yunanda Afridatul Mufaridah (Universitas Negeri Malang)
Sumanto Sumanto (Universitas Negeri Malang)
Nihayati Nihayati (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Abstract: The purpose of this research is to create a tutorial module about batik tie dye which is valid according to material experts, learning experts, users, and interesting to students. This research used Dick & Carey procedural model. The results of this development are the tutorial module for making one color batik tie dye and the tutorial module for making multicolored batik tie dye. The results of validation from material experts showed percentage of 93.75 percent (very valid). The results of the validation from learning experts showed percentage of 83.03 percent (valid). The results of validation from users indicate that the product is very valid with a percentage of 93.3 percent. In addition, the results of field trials with small group trials showed percentage of 86.25 percent and the large group trials showed percentage of 93.6 percent so the product can be categorized as an interesting product to be used in the learning process. Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan modul tutorial berkarya batik ikat celup yang valid menurut ahli materi, ahli pembelajaran, pengguna, dan menarik bagi siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick dan Carey. Hasil dari pengembangan ini berupa modul tutorial berkarya batik ikat celup satu warna dan modul tutorial batik ikat celup beberapa warna. Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan persentase sebesar 93,75 persen (sangat valid). Hail validasi ahli pembelajaran menunjukkan persentase sebesar 83,03 persen (valid). Hasil validasi pengguna menunjukkan produk termasuk kategori sangat valid dengan persentase 93,3 persen. Selain itu, hasil uji coba lapangan pada kelompok kecil memperoleh 86,25 persen dan pada kelompok besar memperoleh persentase sebesar 93,6 persen sehingga produk dapat dikategorikan sebagai produk yang menarik untuk digunakan dala proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan menerbitkan naskah terkait pendidikan mencakup pembelajaran anak usia dini, sekolah dasar, bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, manajemen, pendidikan luar sekolah, serta pendidikan anak berkebutuhan ...