AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi 
Vol 5, No 4 (2021): Edisi Februari 2021

HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN SISWA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PECINTA ALAM (SISPALA) DAN KECERDASAN NATURALIS SISWA DI SMA NEGERI 10 KENDARI

Yeniyati Yeniyati (Universitas Halu Oleo)
Safilu Safilu (Universitas Halu Oleo)
Murni Sabilu (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan keikutsertaan siswa pada kegiatan ekstrakurikuler SISPALA dan kecerdasan naturalis siswa di SMA Negeri 10 Kendari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasional. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan instrumen tes. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler SISPALA dan instrumen tes digunakan untuk mengumpulkan data kecerdasan naturalis siswa. Data tentang hubungan keikutsertaan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler SISPALA dan kecerdasan naturalis dianalisis menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari empat indikator keikutsertaan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler SISPALA, indikator yang paling tinggi hubungannya adalah kehadiran dalam kegiatan ekstrakurikuler SISPALA dan tertarik dengan topik pembelajaran tentang alam, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,92 sedangkan indikator yang paling rendah hubungannya adalah motivasi mengikuti kegiatan ekstrakurikuler SISPALA dan mengenali jenis tumbuhan, dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,33. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai r sebesar 0,1604. Jika dibandingkan dengan nilai rtabel pada taraf kepercayaan 95% dan N = 25 menunjukkan bahwa nilai rhitung < nilai rtabel (0,1604 < 0,396), artinya bahwa nilai koefisien korelasi antara keikutsertaan siswa pada kegiatan ekstrakurikuler SISPALA dan kecerdasan naturalis tidak signifikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ampibi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi merupakan jurnal yang memuat tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan penerapan teori dalam bidang pendidikan biologi seperti model/metode Pembelajaran Biologi, Strategi Pembelajaran Biologi, Pembelajaran Biologi Media dan TIK ...