Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebisingan pada kabin pengemudi mesin diesel konvensional 2446cc. Metode yang digunakan berupa metode penelitian eksperimental, yaitu metode yang digunakan dapat dipakai untuk menguji pengaruh dari suatu perlakuan atau tingkat kebisingan pada kabin kendaraan roda empat bermesin diesel 2446cc dengan menggunakan thermal foam alumunium dan karpet. Hasil yang diperoleh antara lain: 1) Kebisingan desibel pada kecepatan 10km/jam kabin standar 73,52 db, thermal foam alumunium 65,92 db dan karpet 70,86 db. Kebisingan decibel pada kecepatan 30km/jam kabin standar 76,24 db, thermal foam alumunium 72 db, dan karpet 75,04 db; 2) Frekuensi hz pada kecepatan 10km/jam kabin standar 39,04 hz, thermal foam alumunium 27,72 hz, dan karpet 37,46. Pengukuran frekuensi hz pada kecepatan 30 km/jam kabin standar 74,04 hz, thermal foam alumunium 46,42 hz, dan karpet 69,46 hz.
Copyrights © 2022