Jurnal Teknik Otomotif Kajian Keilmuan dan Pengajaran
Vol 6, No 2 (2022)

PENGGUNAAN ANTARA THERMAL FOAM ALUMUNIUM 5MM DAN KARPET 5MM UNTUK MEREDAM KEBISINGAN DIBERBAGAI KECEPATAN KENDARAAN MESIN DIESEL KONVENSIONAL 2446CC PADA KABIN PENGEMUDI

M H Richard Gelar Gumelar (Universitas Negeri Malang)
Marji Marji (Universitas Negeri Malang)
Muchammad Harly (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebisingan pada kabin pengemudi mesin diesel konvensional 2446cc. Metode yang digunakan berupa metode penelitian eksperimental, yaitu metode yang digunakan dapat dipakai untuk menguji pengaruh dari suatu perlakuan atau tingkat kebisingan pada kabin kendaraan roda empat bermesin diesel 2446cc dengan menggunakan thermal foam alumunium dan karpet. Hasil yang diperoleh antara lain: 1) Kebisingan desibel pada kecepatan 10km/jam kabin standar 73,52 db, thermal foam alumunium 65,92 db dan karpet 70,86 db. Kebisingan decibel pada kecepatan 30km/jam kabin standar 76,24 db, thermal foam alumunium 72 db, dan karpet 75,04 db; 2) Frekuensi hz pada kecepatan 10km/jam kabin standar 39,04 hz, thermal foam alumunium 27,72 hz, dan karpet 37,46. Pengukuran frekuensi hz pada kecepatan 30 km/jam kabin standar 74,04 hz, thermal foam alumunium 46,42 hz, dan karpet 69,46 hz.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JTO

Publisher

Subject

Description

Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Jurnal ini merupakan kumpulan artikel kajian tentang Pendidikan Teknik ...