Jurnal ORTOPEDAGOGIA
Vol 8, No 2 (2022): November

Kecakapan Literasi Bercerita Pada Anak Tunagrahita di YPAC Surabaya

Amelia Widya Hanindita (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Amelia Rizky Idhartono (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2022

Abstract

Literasi membaca dan menulis merupakan fondasi dasar yang harus dikuasai peserta didik untuk dapat memperoleh segala informasi dan mengemukakan gagasan melalui bahasa tulis. Literasi juga merupakan sebuah kecakapan dalam berpikir untuk menentukan dan menggunakan segala bentuk informasi yang ada baik itu melalui media cetak, audio, visual, audiovisual, ataupun yang lainnya. Penelitian ini berfokus pada kecakapan literasi bercerita anak tunagrahita. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun penelitiannya berjenis deskriptif. Penelitian ini mendeskripsikan kecakapan literasi menyimak dan berbicara melalui kegiatan bercerita pada anak tunagrahita di YPAC Surabaya. Terdapat dua kecakapan yang dilihat dalam penelitian ini yaitu kecakapan menyimak dan kecakapan literasi berbicara. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa kecakapan menyimak pada masing-masing tahapan yaitu mulai tahap ke-1 sampai dengan tahap ke-5 mengalami kenaikan yaitu anak tunagrahita berinisial CE menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menyimak sejumlah 25%. Kemudian, DA menunjukkan peningkatan sejumlah 22%. Lalu, JH menunjukkan peningkatan sejumlah 28% sedangkan NH 25%. Hal yang sama juga terjadi pada kecakapan literasi berbicara dengan hasil anak tunagrahita berinisial CE menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara sejumlah 28%. Kemudian, DA menunjukkan peningkatan sejumlah 16%. Lalu, JH menunjukkan peningkatan sejumlah 18% sedangkan NH 38%.

Copyrights © 2022