Jurnal Mirai Management
Vol 7, No 2 (2022)

Analisa Social media marketing dan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada Eiger Adventure Store di Kota Solo)

Kurniawati Darmaningrum ((Orc ID : https://orcid.org/0000-0003-0155-2555) (Sinta ID : 6675772) STIE Amkop Makassar)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2022

Abstract

Abstrak Social media saat ini memiliki peran penting dalam strategi pemasaran bagi bisnis kecil maupun besar. Social media telah mempermudah untuk memberikan informasi kepada pengunjung atau follower, tetapi itu bukan satu-satunya keuntungan menggunakan sosial media bagi sebuah bisnis. Social media tidak hanya menjadi wadah untuk memberikan informasi tetapi juga dapat menjadi alat untuk melakukan promosi dan dapat memperluas pasar, sehingga produk yang diproduksi akan laku dipasar dan banyak diminati pelanggan Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial maupun simultan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif yaitu penelitian yang akan menguji pengaruh social media marketing, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian. Variabel independent (variabel X) dalam penelitian ini adalah social media marketing, kualitas produk, dan harga. Variabel dependent (variabel Y) dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian. Populasi pada penelitian ini adalah followers akun Instagram Eiger Adventure Solo berjumlah 2,1 juta followers. Sampel pada penelitian ini sebanyak 95 responden yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil dari analisis data menggunakan SPSS 23 membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan antara variabel Social Media Marketing, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Kata Kunci: Social Media Marketing, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian Abstract Social media today has an important role in marketing strategies for small and large businesses. Social media has made it easier to provide information to visitors or followers, but that's not the only advantage of using social media for a business. Social media is not only a place to provide information but can also be a tool for promotion and can expand the market, so that the products produced will sell well in the market and are in great demand by customers. This study aims to examine and analyze the effect of the independent variable on the dependent variable partially or simultaneously. . This research is descriptive using quantitative methods, namely research that will examine the effect of social media marketing, product quality, and price on purchasing decisions. The independent variable (variable X) in this study is social media marketing, product quality, and price. The dependent variable (variable Y) in this study is the purchase decision. The population in this study were followers of the Eiger Adventure Solo Instagram account, totaling 2.1 million followers. The sample in this study was 95 respondents who were determined using the Slovin formula. The results of data analysis using SPSS 23 prove that there is a positive and significant influence either partially or simultaneously between the variables of Social Media Marketing, Price, and Product Quality on Purchase Decisions. Keywords: Social Media Marketing, Price, Product Quality, Purchase Decision

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mirai

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Mirai Management adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Pascasrajan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar terbit perdana sejak tahun 2016. ...