Abstrak Banyak orang yang awam dengan peralatan komputer dan laptop termasuk istilah-istilah teknis yang digunakan padahal komputer merupakan alat yang setiap hari digunakan oleh masyarakat tertentu dalam aktivitasnya sehari-hari. ServEasy adalah startup yang mengusung inovasi sebuah aplikasi penghubung jasa reparasi komputer dan laptop dengan pelanggan. ServEasy didirikan pada 31 Maret 2021 dan di bawah naungan program kampus merdeka belajar yakni Wrap Entrepreneurship di Bandung Techno Park Bandung, Jawa Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah apakah ada kesesuaian antara Value Map dengan Customer Profile yang dimiliki oleh Startup ServEasy, sehingga akan menghasilkan perancangan value proposition bagi ServEasy agar dapat mengetahui apa yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif bersifat deskriptif. Pengumpulan data primer menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah profil konsumen dari ServEasy, berdasarkan hal yang dilakukan konsumen dalam jasa service komputer dan laptop, hal yang mengganggu ketika menggunakan jasa service komputer dan laptop, dan hal-hal yang diharapkan konsumen dalam jasa service komputer dan laptopnya. Saran Bagi startup di bidang jasa reparasi komputer dan laptop ada pada sub product dan services untuk dilengkapi bagi nilai ideal startup di bidang jasa reparasi komputer dan laptop. Dan saran bagi peneliti selanjutnya value map dan customer profile dapat dikembangkan dengan customer segment yang berbeda dari penelitian ini Kata Kunci: Value Proposition, Value Map, Customer Profile
Copyrights © 2022