Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Van Hiele pada materi sifat-sifat bangun datar segi empat di kelas VII D SMP Negeri 8 Jayapura. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan gabungan (kualitatif dan kuantitatif). Subjek penelitian ini berjumlah 22 peserta didik. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi peserta didik, dan tes individu. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, penelitian ini berjalan dengan baik disebabkan terlaksanakannya semua tahapan pada model pembelajaran Van Hiele. Dari hasil observasi guru diperoleh kategori baik dan hasil observasi peserta didik diperoleh kategori sangat aktif. Dari hasil tes individu yang diberikan peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat dua peserta didik mencapai tingkat 0 (Visualisasi), empat peserta didik mencapai tingkat 1 (Analisis) dan 16 peserta didik mencapai tingkat 2 (Informal deduktif).
Copyrights © 2022