Jurnal Counsellia
Vol 12, No 2 (2022)

Konseling Cognitive Behavioral Therapy (CBT) untuk Mengembangkan Self-love Penyintas Trauma Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)

Veno Dwi Krisnanda (Universitas Indraprasta PGRI)
M Ramli (Universitas Negeri Malang)
Nur Hidayah (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2022

Abstract

Dalam beberapa waktu belakangan ini, isu Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) sering dibahas. Isu KDRT tidak hanya dialami beberapa masyarakat di Indonesia, namun di luar negeri pun permasalahan ini juga sering terjadi dan sudah banyak yang harus dilakukan. Beberapa korban KDRT sering merasa dirinya depresi hingga mengalami trauma, bahkan berdampak rendahnya cinta diri dan kepercayaan diri pada para penyintasnya. Sebagai konselor, bukan suatu hal baru untuk membahas permasalahan KDRT karena konselor adalah bagian dari pekerja sosial yang juga berhak ikut serta mereduksi trauma penyintasnya. Metode dalam penelitian ini menggunakan eksperimen dengan subyek penelitian penyintas trauma KDRT sebanyak 14 orang yang akan diberikan konseling CBT.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JBK

Publisher

Subject

Other

Description

Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with registered number ISSN: 2088-3072 (Print) and ISSN: 2477-5886 (Online), is a peer-reviewed journal which publishes conceptual ideas, studies and research on the theory and application of Guidance and Counseling also education related to Guidance and ...