Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 6 (2022)

Game Animasi Animal Karambol Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains pada Anak

Amat Hidayat (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Bina Bangsa)
Maulida Nur (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Bina Bangsa)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2022

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar sains adalah dengan teknik belajar sambil bermain. Bentuk permainan yang dipilih adalah permainan digital berupa animasi. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengembangkan media game animasi animal karambol berbasis aplikasi android untuk meningkatkan pengetahuan sains pada anak usia dini agar peserta didik memiliki potensi terhadap kemampuan keterampilan proses sains. potensi tersebut dapat terwujud secara ideal hanya melalui kegiatan pembelajaran sains yang terfokus pada 3 dimensi utama yaitu sains sebagai sikap, sains sebagai proses dan sains sebagai produk. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau lebih  dikenal dengan Research and Development (R and D) dengan model pengembangan yang digunakan Plomp terdiri dari tiga fase, yaitu fase investigasi awal (preliminary research), fase pengembangan atau pembuatan prototipe (development or prototyping phase) dan fase penilaian (assessment phase), Hasil validasi tergolong kategori tinggi. Terdapat peningkatan pemahaman sains anak melalui Media Game Animasi Animal Karambol Berbasis Aplikasi Android, dibuktikan dengan skor rata-rata pemahaman 89,59 persen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...