Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 6 (2022)

Persepsi Guru terhadap Pendidikan Multikultural di Pendidikan Anak Usia Dini

Maulida Nur (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Bina Bangsa)
Amat Hidayat (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Bina Bangsa)
Novita Sari (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Bina Bangsa)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2022

Abstract

Negara Indonesia merupakan negara kaya akan keragaman budaya sehingga menuntut warga Indonesia untuk saling menghargai. Lingkungan sekolah merupakan tempat yang tidak peka terhadap budaya, sehingga guru PAUD harus memiliki kemampuan untuk memahami dan mengajarkan pendidikan multikultural kepada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi guru PAUD terhadap pendidikan multikultural. Metode kualitatif dan desain studi kasus dengan wawancara sebagai teknik pengambilan datanya. Selanjutnya akan dianalisis menggunakan grounded theory dengan tiga tahapan coding, mulai dari initial coding, focus coding, dan axial coding. Hasil dari analisis tersebut kemudian menghasilkan tema yaitu narasi guru tentang pendidikan multikultural, konstruksi keadilan dalam keragaman budaya di Indonesia, dan kendala para guru dalam mengajarkan keberagaman. Sesuai dengan tujuan penelitian ini, maka saling menghargai keberagaman menjadi temuan pada pendidikan multicultural

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...