Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN)
Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN)

Pembinaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Pelatihan Digitalisasi Marketing Sebagai Peningkatan Omset UMKM

Nur Widyawati (STIA dan Manajemen Kepelabuhan Barunawati Surabaya, Indonesia)
Sumarzen Marzuki (STIA dan Manajemen Kepelabuhan Barunawati Surabaya, Indonesia)
Indriana Kristiawati (STIA dan Manajemen Kepelabuhan Barunawati Surabaya, Indonesia)
Mudayat (STIA dan Manajemen Kepelabuhan Barunawati Surabaya, Indonesia)
Dian Arisanti (STIA dan Manajemen Kepelabuhan Barunawati Surabaya, Indonesia)
Soedarmanto (stia)
Khofifah Gita Cahyani (STIA dan Manajemen Kepelabuhan Barunawati Surabaya, Indonesia)
Khoirun Nisa (STIA dan Manajemen Kepelabuhan Barunawati Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2022

Abstract

Perkembangan teknologi informasi pada jaman 4.0 sangat berpengaruh bagi masyarakat khususnya bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang menginginkan profit meningkat dari hasil penjualannya. Digital marketing merupakan suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah merek atau produk dengan menggunakan media digital atau internet dengan tujuan untuk menarik konsumen atau calon konsumen secara cepat. Marketplace melalui Tokopedia merupakan salah satu strategi pemasaran digital marketing. Dari segi penjual, Tokopedia memiliki banyak keuntungan yaitu mudah digunakan, efisien, terpercaya dan pemasaran gratis. Jika dibandingkan dengan marketplace lainnya, tokopedia memiliki keuntungan yang lebih banyak.Dengan menggunakan Tokopedia, UMKM khususnya untuk UMKM di Kecamatan Semampir dan Pabean Cantian Kota Surabaya dapat memasarkan produknya, dalam hal ini adalah makanan ke pasar yang lebih luas jangkauannya secara cepat karena Tokopedia tidak hanya dapat diakses oleh masyarakat lokal namun juga dapat diakses oleh mancanegara. Kegiatan penjualan UMKM ini masih secara konvesional maupun tradisional, mereka hanya memasarkan produk di lingkungan sekitar dan mereka juga belum memiliki pengalaman melakukan penjualan melalui online. Namun setelah mengenal digitalisasi marketing, para UMKM dapat memasarkan produknya ke lingkungan yang lebih luas secara cepat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal JPkMN adalah jurnal yang diterbitkan oleh lembaga sistem informasi dan teknologi (SISFOKOMTEK) medan yang bertujuan untuk mewadahi tentang hasil pengabdian kepada masyarakat. JPkMN (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara) adalah wadah informasi berupa hasil pengabdian, studi ...