Psikodimensia
Vol 21, No 2: Desember 2022

Efektivitas Metode Brain Gym dalam Menurunkan Tingkat Stres Mahasiswa yang Menghadapi Pembelajaran Daring

Andi Cahyadi (Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Madiun)
Robik Anwar Dani (Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya)
Marcella Mariska Aryono (Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2022

Abstract

Stres dapat hal-hal yang terkait dengan akademik, khususnya ketika menghadapi pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan melihat efektivitas metode brain gym dalam menurunkan stres pada mahasiswa yang menghadapi pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan one group pre-test and post-test design tanpa menggunakan kelompok kontrol. Perlakuan diberikan sebanyak lima sesi dalam dua minggu, dan masing-masing sesi diberikan jeda satu hari sebelum pelaksanaan sesi berikutnya. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah 10 mahasiswa yang kuliah di Madiun, dan memiliki tingkat stres yang tergolong dalam kategori tinggi. Hasil ini didapat melalui pre-test dengan menggunakan skala DASS-II. Setelah treatment selesai, maka akan dilakukan pengukuran ulang (post-test) dengan menggunakan alat ukur yang sama. Analisis menggunakan wilcoxon signed rank test menunjukkan perbedaan yang signifikan (p 0,05). Dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima, yaitu terdapat perbedaan tingkat stres pada mahasiswa sebelum dan setelah diberikan metode brain gym.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

psi

Publisher

Subject

Physics

Description

PSIKODIMENSIA is a scientific study that contains the results of research, thought and dissemination that aims to improve research, reviews and applications in the field of psychology. As a forum, communication media, and scientific development, the editorial received a contribution to the article ...