SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 5, No 2 (2022): July - December

Pengaruh Internet Banking dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Nasabah di BCA Pemuda Semarang

Aprilisa Nugraheni (PPs STIE Amkop Makassar)
Bambang Sutedjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2022

Abstract

Abstrak Salah satu hal yang mendasar dan penting adalah fungsi dari perbankan, yaitu melakukan penghimpunan dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali. Pada zaman sekarang yang serba mudah karena adanya perkembangan yang pesat dari teknologi maka dunai perbankan juga memanfaatkan akan hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh internet banking terhadap kepuasan nasabah, menguji dan menganalisis pengaruh kepercayaan terhadap kepuasan nasabah dan menguji dan menganalisis pengaruh kepuasan terhadap loyalitas nasabah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis metode kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah Internet banking terbukti berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, dengan didapat koefisien regresi sebesar 0,415 dan sig. 0,000 lebih kecil 0,05. Kepercayaan terbukti berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, dengan didapat koefisien regresi sebesar 0,505 dan sig. sebesar 0,000 lebih kecil 0,05 dan Kepuasan nasabah terbukti berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, dengan didapat koefisien regresi sebesar 0,865 dan sig. sebesar 0,000 lebih kecil 0,05. Kata Kunci : Internet Banking, Kepercayaan, Kepuasan dan Loyalitas Abstract Banking has an important role in economic activities in a country, including collecting funds from the public and channeling them back to the community. With the advancement of technology, banks began to use the internet network to facilitate transactions with customers. The purpose of this study was to examine and analyze the effect of internet banking on customer satisfaction, to examine and analyze the effect of trust on customer satisfaction and to examine and analyze the effect of satisfaction on customer loyalty. The method used in this study is a type of quantitative method. The result of this research is that Internet banking is proven to affect customer satisfaction, with a regression coefficient of 0.415 and sig. 0.000 is less than 0.05. Trust is proven to affect customer satisfaction, with a regression coefficient of 0.505 and sig. of 0.000 is smaller than 0.05, and customer satisfaction is proven to affect customer loyalty, with a regression coefficient of 0.865 and sig. by 0.000 is smaller than 0.05. Keywords: Internet Banking, Trust, Satisfaction, and Loyalty

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...