Didaktis: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 1 (2022): DIDAKTIS 7: Proseding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2022

Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKN di Sekolah Dasar

Nurul Khoirunnisa (Unknown)
Darmawan (Unknown)
Firman Robiansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2022

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang mampu membantu dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat menarik minat belajar siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Suasana kegiatan belajar mengajar kondusif dan menyenangkan. Pada kenyataannya masih banyak SD yang menggunakan media pembelajaran yang kurang efektif, dikarenakan kurangnya keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran dan guru tidak mau repot sendiri dalam membuat media pembelajaran. Dengan demikian peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang pemanfaatan media pembelajaran powtoon dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media powtoon dan keefektifannya pada mata pelajaran PKn di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran powtoon sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

semnaspendas

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Seminar Nasional Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang merupakan seminar rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang. Seminar ini merupakan wadah transfer pengetahuan dan pengalaman pada ...