KOHESI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2 No 2 (2022): KOHESI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

KESALAHAN TATA BAHASA PADA SURAT IZIN DI SEKOLAH YANG DITULIS OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 AMANDRAYA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022

Fedirman Laia (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2022

Abstract

Dikemukakan bahwa salah satu materi yang dipelajari dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII adalah menulis surat izin di Sekolah. Penggunaan ejaan berupa (penulisan huruf, kata dan unsur serapan), dan tanda baca (titik, titik dua, koma, dan garis miring) masih minim sehingga hasil tulisan kurang dipahami. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan kesalahan penulisan huruf, penulisan kata, pada surat izin di sekolah, yang ditulis oleh siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Amandraya dan Mendeskripsikan kesalahan tanda baca titik, koma, pada surat izin di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan beberapa kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Amandraya dengan jumlah 23 orang siswa, ada 3 orang yang tidak pernah alpa dan 20 orang sudah pernah alpa. Dari 20 lembar surat siswa tersebut, terdapat sebanyak 72 kesalahan. Kesalahan penggunaan tata bahasa terbanyak adalah penulisan huruf terdapat tiga puluh tujuh kesalahan, penulisan huruf terdapat dua puluh lima kesalahan, penggunaan titik terdapat lima kesalahan, dan penggunaan koma terdapat lima kesalahan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa surat izin yang ditulis oleh siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Amandraya, terdapat 72 kesalahan dari 20 lembar surat izin siswa. Kesalahan dominannya adalah penggunaan ejaan dalam penulisan huruf terdapat 37 dan penulisan kata sebanyak 25 kesalahan, dan kesalahan tidak dominannya ialah penggunaan tanda baca titik dan koma yang masing-masing keduanya memiliki 5 kesalahan. Selain daripada itu hampir semua siswa belum mampu menulis surat sesuai dengan strukturnya. Dalam penelitian ini peneliti menyarankan: Siswa dapat memahami penggunaan tata bahasa yang baik dan benar dan terus berlatih dalam menulis surat dengan memperhatikan unsur ejaan dan tanda baca serta terus belajar memperbanyak kosa kata sehingga dapat memperlancar bahasa yang diucapkan dengan jelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Kohesi

Publisher

Subject

Arts Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan jurnal dalam bidang Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia termasuk pengajaran dan pembelajaran, instruksi, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, perkembangan pendidikan, dari berbagai ...