KOHESI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2 No 2 (2022): KOHESI: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS X IIS-A SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Siriakus Amajihono (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2022

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesalahan penggunaan tanda baca pada karangan narasi siswa kelas X IIS-A SMA Swasta Kampus Telukdalam Tahun Pembelajaran 2020/2021 yang masih belum sepenuhnya sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan tanda baca pada karangan narasi siswa. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil karangan narasi siswa kelas X IIS-A SMA Swasta Kampus Telukdalam Tahun Pembelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan tanda baca pada karangan narasi siswa sebanyak 143 kesalahan, dan penggunaan tanda baca yang benar sebanyak 99 tanda baca. Jumlah keseluruhan tanda baca yang digunakan yaitu sebanyak 242 tanda baca. Kesalahan tanda baca yang paling banyak digunakan adalah tanda koma yaitu sebanyak 69 kesalahan. Kemudian, kesalahan penggunaan tanda titik pada karangan narasi siswa yang ditemukan peneliti sebanyak 34 kesalahan. Selanjutnya, kesalahan penggunaan tanda hubung yang ditemukan peneliti pada karangan narasi siswa yaitu sebanyak 15 kesalahan. Seterusnya, kesalahan penggunaan tanda seru yang ditemukan peneliti yaitu sebanyak 14 kesalahan. Selanjutnya, kesalahan penggunaan tanda petik yang ditemukan peneliti yaitu sebanyak 8 kesalahan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam penulisan karangan narasi siswa terdapat kesalahan karena kurangnya pengguasaan penggunaan tanda baca, terbatasnya kosa kata yang dimiliki dan ketidaktelitian siswa dalam menulis karangan narasi. Saran peneliti yaitu (1) bagi guru, hendaknya berupaya membelajarkan siswa tentang penggunaan tanda baca pada karangan narasi serta memperluas kosa kata siswa. (2) bagi siswa, hendaknya memperluas kosa kata yang dimiliki, agar dapat menghasilkan tulisan yang baik dan benar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Kohesi

Publisher

Subject

Arts Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan jurnal dalam bidang Pendidikan, Bahasa, dan Sastra Indonesia termasuk pengajaran dan pembelajaran, instruksi, pengembangan kurikulum, lingkungan belajar, pendidikan guru, teknologi pendidikan, perkembangan pendidikan, dari berbagai ...