ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Vol. 1 No. 1 (2021): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran

EFEKTIFITAS METODE PBL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN NARATIF TEXT PADA SISWA SMA KELAS X

Ahmad Zuhri Rosyidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2021

Abstract

Problem Based Learning (PBL) merupakan metode yang tepat bagi siswa untuk meningkatkan pemahaman siswa khususnya pada pemahaman tentang text bahasa inggris. Untuk membuktikan argumentasi tersebut penelitian ini difokuskan pada penggunaan PBL dalam meningkatkan pemahaman siswa hususnya pada materi Naratif teks dikelas X di MA Darul Aminin NW Aik Mual. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimen dan untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen pilihan ganda untuk melihat hasil belajar siswa dalam belajar bahasa inggris. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan uji-t untuk mengetahui keefektifan PBL dalam pengajaran Bahasa Inggris. Hasil analisis data yang dilakukan dengan SPSS diperoleh uji-t dengan taraf signifikansi =0,000 dari jumlah sampel sebanyak 26 siswa. Artinya jika tingkat significansinya kurang dari <0,05 maka dapat di pastikan bahwa hipotesis alternatif rata-rata (Ha) diterima, dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Temuan ini berarti bahwa penggunaan metode Problem Based Learning efektif terhadap peningkatan pemahaman Naratif text siswa kelas X MA Darul Aminin NW Aik Mual tahun ajaran 2019-2020.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alinea

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Bale Literasi dengan e-ISSN: 2809-4204. Saat ini, ALENIA menjadi wadah bagi peneliti, dosen dan pemerhati bahasa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada bidang bahasa dan sastra (lokal dan asing), ...