Problem Based Learning (PBL) merupakan metode yang tepat bagi siswa untuk meningkatkan pemahaman siswa khususnya pada pemahaman tentang text bahasa inggris. Untuk membuktikan argumentasi tersebut penelitian ini difokuskan pada penggunaan PBL dalam meningkatkan pemahaman siswa hususnya pada materi Naratif teks dikelas X di MA Darul Aminin NW Aik Mual. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimen dan untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan instrumen pilihan ganda untuk melihat hasil belajar siswa dalam belajar bahasa inggris. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan uji-t untuk mengetahui keefektifan PBL dalam pengajaran Bahasa Inggris. Hasil analisis data yang dilakukan dengan SPSS diperoleh uji-t dengan taraf signifikansi =0,000 dari jumlah sampel sebanyak 26 siswa. Artinya jika tingkat significansinya kurang dari <0,05 maka dapat di pastikan bahwa hipotesis alternatif rata-rata (Ha) diterima, dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Temuan ini berarti bahwa penggunaan metode Problem Based Learning efektif terhadap peningkatan pemahaman Naratif text siswa kelas X MA Darul Aminin NW Aik Mual tahun ajaran 2019-2020.
Copyrights © 2021