Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA N 1 Koto Salak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan model eksperimental. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas X SMA N 1 Koto Salak. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis puisi sebelum dan sesudah menggunakan model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) siswa kelas X SMA N 1 Koto Salak Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari hasil analisis diperoleh hasil thitung>ttabel (5,94>1,70). Dengan kata lain, terdapat efektivitas penggunaan model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA N 1 Koto Salak.
Copyrights © 2022