ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Vol. 2 No. 1 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran

Efektivitas Model Pembelajaran Air (Auditory, Intellectually, Repetition) Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA N 1 Koto Salak

Eka Safriani (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Afrini Rahmi (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Yulia Pebriani (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA N 1 Koto Salak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan model eksperimental. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas X SMA N 1 Koto Salak. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis puisi sebelum dan sesudah menggunakan model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) siswa kelas X SMA N 1 Koto Salak Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari hasil analisis diperoleh hasil thitung>ttabel (5,94>1,70). Dengan kata lain, terdapat efektivitas penggunaan model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA N 1 Koto Salak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alinea

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Bale Literasi dengan e-ISSN: 2809-4204. Saat ini, ALENIA menjadi wadah bagi peneliti, dosen dan pemerhati bahasa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada bidang bahasa dan sastra (lokal dan asing), ...