ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Vol. 2 No. 1 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran

Efektivitas Penggunaan Teknik Meneruskan Tulisan Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP N 3 Silaut

Nora Septiani (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Yulia Sri Hartati (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Ricci Gemarni Tatalita (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yaitu siswa kesulitan dalam menulis teks eksposisi, karena tidak mampu menuangkan ide-ide kedalam bentuk tulisan. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan teknik Meneruskan Tulisan terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP N 3 Silaut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Sesudah menggunakan Teknik eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretes-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Silaut yang berjumlah 30 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis teks eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan teknik Meneruskan Tulisan siswa kelas VIII SMP N 3 Silaut. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini Pertama, kemampuan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan teknik meneruskan tulisan siswa kelas VIII SMP N 3 Silaut memperoleh nilai rata-rata 62,22 yaitu berada pada tingkat penguasaan 56-65% pada kualifikasi Cukup (C). Kedua, kemampuan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan teknik meneruskan tulisan siswa kelas VIII SMP N 3 Silaut memperoleh nilai rata-rata 75,92 yaitu berada pada tingkat penguasaan 66-75% pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC). Ketiga, berdasarkan uji-t disimpulkan bahwa terdapat Efektivitas penggunaan teknik meneruskan tulisan siswa kelas VIII SMP N 3 Silaut karena thitung > ttabel (7,15> 1,70).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alinea

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Bale Literasi dengan e-ISSN: 2809-4204. Saat ini, ALENIA menjadi wadah bagi peneliti, dosen dan pemerhati bahasa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada bidang bahasa dan sastra (lokal dan asing), ...