Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yaitu siswa kesulitan dalam menulis teks eksposisi, karena tidak mampu menuangkan ide-ide kedalam bentuk tulisan. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan teknik Meneruskan Tulisan terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP N 3 Silaut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Sesudah menggunakan Teknik eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretes-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Silaut yang berjumlah 30 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis teks eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan teknik Meneruskan Tulisan siswa kelas VIII SMP N 3 Silaut. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini Pertama, kemampuan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan teknik meneruskan tulisan siswa kelas VIII SMP N 3 Silaut memperoleh nilai rata-rata 62,22 yaitu berada pada tingkat penguasaan 56-65% pada kualifikasi Cukup (C). Kedua, kemampuan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan teknik meneruskan tulisan siswa kelas VIII SMP N 3 Silaut memperoleh nilai rata-rata 75,92 yaitu berada pada tingkat penguasaan 66-75% pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC). Ketiga, berdasarkan uji-t disimpulkan bahwa terdapat Efektivitas penggunaan teknik meneruskan tulisan siswa kelas VIII SMP N 3 Silaut karena thitung > ttabel (7,15> 1,70).
Copyrights © 2022