ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Vol. 2 No. 1 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA N 2 Pulau Punjung

Saprina (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Trisna Helda (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Rahayu Fitri (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Pertama, siswa masih belum terampil dalam menulis teks eksplanasi. Kedua,siswa tidak bisa mengungkapkan ide-idenya. Ketiga,siswa kesulitan dalam merangkai kata-kata sehingga tulisan siswa belum terampil. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan keefektivan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap keterampilan menulis teks Eksplanasi siswa kelas XI SMA N 2 Pulau Punjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 2 Pulau Punjung yang berjumlah 26 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks Eksplanasi sebelum menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan skor keterampilan menulis teks Eksplanasi sesudah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) siswa kelas XI SMA N 2 Pulau Punjung. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pulau Punjung sebelum menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) memperoleh nilai rata-rata 59,48 berada pada rentangan 56-65% sesudah kualifikasi yaitu cukup (C). Kedua, kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA N 2 Pulau Punjung sesudah menggunakan model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) memperoleh nilai rata-rata 75,38 berada pada rentangan 66-75% sesudah kualifikasi yaitu Lebih dari Cukup (LdC). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t di dapat hasil uju hipotesis yaitu thitung > ttabel (7,71 >1,71).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alinea

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Bale Literasi dengan e-ISSN: 2809-4204. Saat ini, ALENIA menjadi wadah bagi peneliti, dosen dan pemerhati bahasa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada bidang bahasa dan sastra (lokal dan asing), ...