Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pengguanaan metode PQ4R (Preview, question, read, recite, rite, review) terhadap keterampilan membaca cerpen siswa kelas XI SMA Semen Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Semen Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Semen Padang yang berjumlah 26 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan membaca cerpen sebelum dan sesudah menggunakan metode PQ4R (Preview, question, read, recite, rite, review) pada siswa kelas XI SMA Semen Padang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, tingkat keterampilan membaca cerpen sebelum menggunakan model metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) siswa kelas XI SMA Semen Padang memperoleh nilai rata-rata 75,92 dengan klasifikasi 76-85% yaitu Baik (BS). Kedua, keterampilan membaca cerpen sesudah menggunakan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) siswa kelas XI SMA Semen Padang memperoleh nilai rata-rata 88,15 dengan klasifikasi 86-95% yaitu baik sekali (BS). Ketiga, dari hasil analisis data hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 99% dan dk =n-1 karena thitung > ttabel (7,71 > 1,71). Dengan kata lain, terdapat pengaruh penggunaan model metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap keterampilan membaca cerpen siswa kelas XI SMA Semen Padang.
Copyrights © 2022