ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Vol. 2 No. 2 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran

Pengaruh Penggunaan Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Keterampilan Membaca Cerpen Siswa Kelas XI SMA Semen Padang

Dona Selfianti (UNIVERSITAS PGRI SUMATERA BARAT)
Rina Sartika (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Rahayu Fitri (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pengguanaan metode PQ4R (Preview, question, read, recite, rite, review) terhadap keterampilan membaca cerpen siswa kelas XI SMA Semen Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Semen Padang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Semen Padang yang berjumlah 26 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan membaca cerpen sebelum dan sesudah menggunakan metode PQ4R (Preview, question, read, recite, rite, review) pada siswa kelas XI SMA Semen Padang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, tingkat keterampilan membaca cerpen sebelum menggunakan model metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) siswa kelas XI SMA Semen Padang memperoleh nilai rata-rata 75,92 dengan klasifikasi 76-85% yaitu Baik (BS). Kedua, keterampilan membaca cerpen sesudah menggunakan metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) siswa kelas XI SMA Semen Padang memperoleh nilai rata-rata 88,15 dengan klasifikasi 86-95% yaitu baik sekali (BS). Ketiga, dari hasil analisis data hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 99% dan dk =n-1 karena thitung > ttabel (7,71 > 1,71). Dengan kata lain, terdapat pengaruh penggunaan model metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap keterampilan membaca cerpen siswa kelas XI SMA Semen Padang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alinea

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Bale Literasi dengan e-ISSN: 2809-4204. Saat ini, ALENIA menjadi wadah bagi peneliti, dosen dan pemerhati bahasa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada bidang bahasa dan sastra (lokal dan asing), ...