ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran
Vol. 2 No. 3 (2022): ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran

Efektivitas Model Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lunang

Dewi Restiani (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Indriani Nisja (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Suci Dwinitia (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Team Assisted Individualization (TAI) terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 1 Lunang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain True Experimental Design dalam bentuk posttest-only control design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA1 dan XI MIA 2 yang masing-masing berjumlah 29 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil kerja siswa kelas XI SMAN 1 Lunang dalam menulis teks eksplanasi tanpa dan dengan menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 1 Lunang tanpa menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) memperoleh nilai rata-rata 57,66 dengan kualifikasi Cukup (C) pada rentangan 56-67% pada skala 10. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 1 Lunang dengan menggunakan Team Assisted Individualization (TAI) memperoleh nilai rata-rata 61,68 dengan kualifikasi Cukup (C) pada rentangan 56-67% pada skala 10. Ketiga, terdapat efektivitas penggunaan model Team Assisted Individualization (TAI) terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 1 Lunang karena thitung>ttabel yaitu 2,59>1,67. Hal ini menunjukan bahwa model Team Assisted Individualization (TAI) dapat mempengaruhi siswa dalam menulis teks eksplanasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alinea

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Bale Literasi dengan e-ISSN: 2809-4204. Saat ini, ALENIA menjadi wadah bagi peneliti, dosen dan pemerhati bahasa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya pada bidang bahasa dan sastra (lokal dan asing), ...