JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 12 No 4 (2022): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Analisis Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Fungsi Kuadrat

Syarifuddin Syarifuddin (STKIP Bima)
Mutmainah Mutmainah (STKIP Bima)
Ade Fitri Fauziah (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2022

Abstract

Perkembangan kurikulum menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi atau HOTS untuk menghadapi era globalisasi dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Peran guru dalam kurikulum 2013 addalah sebagai fasilitator sehingga siswa harus mampu memiiliki daya analisis, evaluasi, dan mencipta. Berdasarkan hasil TIMSS (Trends In International Mathematics and Science Study) kemampuan HOTS siswa Indonesia masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Fungsi Kuadrat. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam menyelesaikan soal HOTS matematika maka diberikan 3 soal tes uraian dengan masing-masing soal sesuai indikator kemampuan tingkat tinggi yaitu analisis, evaluasi, dan mencipta. Dari soal tes itu pula kemudian siswa akan diklasifikasikan ke dalam tingkatan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Dari masing-masing kategori kemudian siswa dipilih sebagai subjek untuk diwawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari beberapa tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik siswa dengan kelompok tinggi maupun rendah memiliki kemampuan HOTS dengan baik karena mampu menyelesaikan soal dengan indikator analisis, evaluasi, mencipta materi fungsi kuadrat dengan baik meskipun terdapat kekurangan yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman dalam materi fungsi kuadrat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...