Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo
Vol 8, No 2 (2022)

Pengaruh Citra Wisata Nilai Budaya Resonansi Pelanggan pada Minat Berkunjung Pada Destinasi Wisata Taman Bunga Celosia Bandungan Semarang

Henry Yuliamir (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia)
Enik Rahayu (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2022

Abstract

AbstractThis study aimed to determine the relationship between tourist image, cultural values, customer resonance, and interest in tourist destinations. The population in this study were tourists visiting the Celosia flower garden. This study took 100 respondents who were tourists visiting the Celosia flower garden in Bandungan, Semarang. This study used a purposive sampling method or a subjectively targeted sample. The analytical method used is the validity test, reliability test, and multiple linear regression analysis. The results of this study are that tourism image has a positive and significant effect on visiting intentions. Cultural values affect interest in visiting. Meanwhile, customer resonance has no significant effect on visiting intentions. Tourism image, cultural values, and customer resonance positively and significantly impact visiting intentions with a decisive contribution. Cultural values have a more substantial influence on visiting intentions.Keywords:  Tourism Image; Culture value; Customer Resonance; Visiting Intentions.AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara citra wisata, nilai budaya, resonansi pelanggan dan minat berkunjung pada destinasi wisata. Populasi pada penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke taman bunga Celosia. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling atau sampel bertujuan secara subyektif. Penelitian ini mengambil 100 orang responden yang merupakan wisatawan yang berkunjung ke taman bunga Celosia Bandungan, Semarang. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan citra wisata terhadap minat berkunjung. Nilai budaya berpengaruh terhadap minat berkunjung. Sedangkan untuk resonansi pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung. Secara bersama-sama citra wisata, nilai budaya dan resonansi pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung dengan kontribusi sangat kuat. Nilai budaya memilki pengaruh yang lebih tinggi terhadap minat berkunjung. Kata Kunci:  Citra Wisata; Nilai Budaya; Resonansi Pelanggan; Minat Berkunjung.

Copyrights © 2022