JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 6, No 6 (2022): Desember

PELATIHAN PERJANJIAN TERTULIS SEBAGAI JAMINAN TERHADAP TRANSAKSI UTANG PIUTANG BAGI PELAKU UMKM

Ainun Nimatu Rohmah (Universitas Mulawarman)
Chyntia Ratna Juwita Sitorus (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2022

Abstract

Abstrak: Salah satu masalah pengelolaan keuangan yang dihadapi pelaku UMKM di daerah rural adalah utang piutang yang dilakukan kepada pelanggan tanpa jaminan tertulis. Hal ini umumnya dilakukan pelaku UMKM atas dasar nilai sosial untuk membantu sesama dengan sistem kepercayaan. Namun, penelitian terdahulu menemukan hal ini dapat menimbulkan kerugian bisnis jika debitur melakukan wanprestasi. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan utang piutang sebagai mitigasi risiko usaha melalui pembuatan perjanjian sederhana bagi 10 pelaku UMKM di Kelurahan Simpang Pasir, Kota Samarinda. Kegiatan pengabdian yang dilakukan berupa sosialisasi dan pelatihan dengan pendekatan interpersonal mengingat perjanjian tertulis merupakan inovasi bagi pelaku UMKM. Tim penulis melakukan empat langkah yang dimulai dengan identifikasi masalah dengan observasi awal, penyusunan rencana kegiatan dengan brainstorming dengan mitra, pelaksanaan kegiatan berupa sosialisasi dan pelatihan dari rumah ke rumah, serta langkah terakhir yaitu monitoring dan evaluasi. Seluruh pelaku UMKM menyatakan memahami cara pembuatan perjanjian tertulis dan 7 dari 10 pelaku UMKM akan mengimplementasikan perjanjian sederhana. Pengabdian ini juga menghasilkan rekomendasi kepada Kelurahan setempat untuk memberikan pelatihan serupa dalam rangka pemberdayaan UMKM di masa datang.Abstract: Debts owed to customers without written guarantees are one of the financial management problems of MSME actors in rural areas. MSME actors gave loans to customers based on social values to help others with a belief system. However, previous research has found that this can cause business losses if the debtor defaults. This service activity aims to improve the ability to manage accounts payable as a business risk mitigation through making a simple agreement for MSME actors in Simpang Pasir Village, Samarinda City. Community service activities are carried out in socialization and training with an interpersonal approach considering that written agreements are an innovation for MSME actors. The authors carried out four steps, starting with problem identification with initial observations, preparing activity plans by brainstorming with partners, implementing activities in the form of socialization and house-to-house training, and the last step, monitoring, and evaluation. The results obtained through this service activity are an increase in the knowledge and ability of MSME actors to make written agreements in managing accounts payable with customers. This service also resulted in recommendations to the local Kelurahan to provide similar training in the context of empowering MSMEs in the future. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...